Jumat 10 Jul 2020 09:44 WIB

Bupati Purwakarta Gratiskan Warga Ikut Swab Test

Warga diminta daftar tes swab karena tidak dipungut biaya

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Esthi Maharani
Petugas medis menyimpan sampel hasil tes swab
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Petugas medis menyimpan sampel hasil tes swab

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA — Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menyampaikan informasi penambahan kasus positif Covid-19 sebanyak empat orang pada Kamis (9/7) malam. Dengan tambahan kasus baru, saat ini ada enam pasien positif Covid-19 di Purwakarta.

Anne mengatakan, kasus baru ini membuat pemerintah daerah menggencarkan tes untuk deteksi dini mencegah penyebaran Covid-19. Ia pun meminta masyarakat mendaftar tes Polymerase Chain Reaction (PCR) swab.

“Tes PCR akan terus kita lakukan dan saya informasikan bagi siapa saja warga Purwakarta yang ingin tes PCR kita sediakan kuota silahkan daftar di masing-masing puskesmas gratis tidak dipungut biaya,” kata Anne dalam konferensi persnya, Kamis (9/7) malam.

Menurutnya, adanya kasus baru menandakan Purwakarta belum bebas virus corona. Pandemi Covid-19 ini masih rentan menjangkit masyarakat di manapun. Oleh karenanya ia meminta masyarakat tetap waspada dan tidak terlena dengan fase kebaruan normal.

Ia mengimbau warga untuk tetap menjalankan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-harinya. Menjaga pola hidup bersih dan jaga jarak masih terus dianjurkan untuk meminimalisir potensi terpapar virus corona.

“Selalu menggunakan masker jangan lupa sering cuci tangan dengan sabun dengan air mengalir. Jaga jarak dengan yang lainnya dan tentu saja pola makan dan pola hodup harus dijaga,” imbaunya.

Ia menambahkan penambahan empat pasien positif Covid-19 setelah hasil pemeriksaan diumumkan Labkesda Jawa Barat. Jawa Barat menjadi provinsi tertinggi penambahan kasus Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement