Wednesday, 22 Safar 1443 / 29 September 2021

Wednesday, 22 Safar 1443 / 29 September 2021

Akhir Kisah Penipuan Kombes Polisi Gadungan

Rabu 15 Jul 2020 11:36 WIB

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

 NP, mengaku sebagai polisi gadungan berpangkat kombes pol melakukan berbagai penipuan.

NP, mengaku sebagai polisi gadungan berpangkat kombes pol melakukan berbagai penipuan.

Mengaku sebagai polisi berpangkat kombes pol, NP melakukan berbagai penipuan.

SUMURBANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Pria berinisial NP yang melakukan tindak kejahatan dengan modus menyamar menjadi petugas kepolisian akhirnya ditangkap, Rabu (8/9/2020). Dalam menjalankan aksinya, NP kerap kali mengaku sebagai lulusan staf dan pimpinan Polri di Lembang, Bandung. 

"Saya mencari korban di media sosial," ujarnya di Polrestabes Bandung, Kamis (9/9/2020).

Selama ini, NP melancarkan modusnya dengan berpura-pura menjadi seorang anggota kepolisian yang berpangkat Kombes Pol. "Modus saya mengaku lulus dari sispem pada tahun 2010, dan saat ini sudah menjabat Kombes Pol. Saya udah melakukan penipuan ini selama 3 tahun," tambahnya.

Sebelumnya, penipuan bermula pada 17 April 2020 lalu di daerah Kelurahan Pasir Endah, Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung. Setelah dilakukan penyidikan, diketahui NP melakukan penipuan dengan modus mengaku sebagai petugas kepolisian kepada korban.

Kemudian menjanjikan kepada orang tua korban bahwa NP akan melakukan pengurusan balik nama kendaraan. Pelaku NP berhasil diamankan bersama dengan barang bukti BPKB yang belum diurus balik nama.

Petugas kepolisian mengamankan uang sebesar dua juta rupiah yang hendak dipergunakan untuk kepentingan pribadi. Petugas kepolisian pun mengamankan satu stel baju Polri lengkap dengan atribut, satu buah BPKB kendaraan Toyota Kijang tahun 1996, serta satu unit sepeda motor Yamaha N Max.

Hingga saat ini, petugas kepolisian masih melakukan pemeriksaan terhadap NP. Ia terjerat Pasal 378 dan atau 372 KUHP tentang Tindak Pidana Penipuan dan Penggelapan dengan ancaman 4 tahun penjara.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA