Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

Tafsir Ayat tentang Larangan Mengubah Wasiat

Jumat 10 Jul 2020 06:10 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah

Tafsir Ayat tentang Larangan Mengubah Wasiat

Tafsir Ayat tentang Larangan Mengubah Wasiat

Wasiat merupakan bagian dari amanah yang dititipkan kepada seseorang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wasiat merupakan bagian dari amanah yang dititipkan kepada seseorang. Agama melarang seorang Muslim mengubah wasiat yang diberikan.

Allah SWT berfirman dalam Alquran Surah Al-Baqarah ayat 181 berbunyi: “Fa man baddalahu ba’da ma samiahu fa innama itsmuhu alalladzina yubaddilunahu innallaha sami’un alimun.” Yang artinya: “Maka barang siapa yang mengubah wasiat itu setelah ia mendengarnya, maka sesungguhnya dosanya adalah bagi orang-orang yang mengubahnya. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Baca Juga

Pakar tafsir terkemuka, Prof Quraish Shihab dalam kitabnya Tafsir Al-Mishbah mengatakan, ayat tersebut berbicara tentang larangan mengubah wasiat. Siapa yang mengubah wasiat, baik dengan menambah, mengurangi, atau menyembunyikan wasiat atau kandungannya adalah dilarang.

Larangan tersebut juga memiliki konsekuensi hukum. Setelah seseorang mendapatkan wasiat yang telah jelas namun dia mengubahnya, maka dosanya akan ditimpakan kepada orang tersebut. Sebab sesungguhnya, Allah Maha Mendengar segala sesuatu, termasuk bisikan-bisikan dalam hal perbuatan wasiat.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA