Jumat 10 Jul 2020 02:45 WIB

Seratusan Anggota Kepolisian Cikarang Barat Jalani Tes Usap

Tes usap diharap mampu mendeteksi dan memutus penyebaran Covid-19.

Petugas medis mengambil sampel lendir seorang petugas kepolisian. Ilustrasi
Foto: ANTARA/Iggoy el Fitra
Petugas medis mengambil sampel lendir seorang petugas kepolisian. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, CIKARANG, BEKASI -- Seratusan anggota kepolisian Sektor Cikarang Barat menjalani tes usap massal yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Bekasi di mapolsek setempat guna mencegah penyebaran Covid-19, Kamis (10/7).

"Pemkab Bekasi terus berkomitmen untuk menekan angka kasus positif Covid-19 dengan segala upaya salah satunya tes masif ini," kata Pelaksana Tugas Kepala Puskesmas Telaga Murni Ariston Siregar di Cikarang, Kamis.

Dia mengatakan Dinas Kesehatan menyiapkan 120 alat tes usap untuk anggota kepolisian di Mapolsek Cikarang Barat.

"Peserta yang mengikuti swab test kali ini seluruhnya dari anggota kepolisian di Cikarang Barat. Ya sebanyak itu (120, red.) alat yang sudah disediakan," ucapnya.Tes usap massal itu melibatkan 15 tenaga kesehatan dari empat puskesmas sekitar, yakni Puskesmas Telaga Murni, Wanajaya, Danau Indah, dan Sukajaya.

"Kami mengerahkan tenaga kesehatan dari dua wilayah ini mengingat wilayah kerja Polsek Cikarang Barat ini mencakup dua kecamatan, yakni Kecamatan Cikarang Barat dan Kecamatan Cibitung," ungkapnya.

Dia mengharapkan tes usap mampu mendeteksi penyebaran Covid-19 sekaligus memutus rantai penyebarannya.

"Deteksi dini bertujuan untuk mencegah meluasnya penyebaran virus corona di Kabupaten Bekasi, khususnya di kalangan anggota kepolisian," kata dia.

Kapolsek Cikarang Barat AKP Akta Wijaya Pramasakti mengatakan anggota kepolisian selalu berdampingan dengan masyarakat dalam setiap melaksanakan tugasnya sehingga rentan terhadap penularan virus corona.

"Dengan tugas anggota kepolisian yang cukup berisiko ini saya rasa penting untuk menjalani swab test. Tentunya juga untuk menjaga kekuatan personel agar tetap dapat menjalankan tugasnya dengan baik," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement