Jumat 10 Jul 2020 01:12 WIB

Kemenpora Siap Bantu Kendala Kedatangan Shin Tae-yong

Shin Tae-yong hingga kini masih berada di Korea Selatan.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyapa wartawan saat seleksi pemain Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (13/1/2020).
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyapa wartawan saat seleksi pemain Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (13/1/2020).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyatakan siap untuk membantu PSSI apabila federasi sepak bola Indonesia itu menemui kendala untuk mendatangkan kembali Shin Tae-yong ke Tanah Air di tengah situasi pandemi virus corona yang masih mengancam. Shin hingga kini masih berada di Korea Selatan.

"Karena yang berhubungan (dengan Shin Tae-yong) adalah PSSI, bukan kami. Dan saya anggap tidak ada masalah. Tetapi in case ada masalah, kami akan senang hati membantu," ujar Sekretaris Kemenpora Gatot S. Dewa Broto di Jakarta, Kamis (9/7).

Baca Juga

Manajer tim nasional Shin Tae-yong sebelumnya dijadwalkan kembali ke Indonesia pada awal Juli. Namun, hingga saat ini belum ada kejelasan kapan pastinya dia bisa melatih timnas lagi.

Gatot lantas mempertanyakan apakah kedatangan Shin Tae-yong terkendala masalah peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 11 Tahun 2020 tentang Pelarangan Sementara Orang Asing Masuk Wilayah Negara Republik Indonesia. Kendati begitu, Gatot belum menerima laporan adanya kendala sehingga pihaknya berasumsi jika PSSI tak menemukan masalah apapun untuk mendatangkan Shin Tae-yong.

Komunikasi antara Kemenpora dan PSSI, kata dia, terus dilakukan setiap hari, terutama untuk membahas persiapan Piala Dunia U-20 2021. Sementara itu, manajer pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong telah memastikan diri bakal kembali ke Tanah Air setelah pihaknya mengirimkan surat kepada PSSI.

Namun, Shin ingin agar PSSI bisa menentukan jadwal kepulangannya ke Indonesia dan teknis lain terkait isolasi.

"Kami ingin informasi yang akurat tentang jadwal saya dan tim pelatih dari Korea Selatan ke Indonesia, lalu periode isolasi, tempat isolasi dan jadwal selama periode isolasi," kata Shin Tae-yong dikutip laman resmi PSSI, Kamis.

Sesaat setelah tiba di Indonesia, Shin Tae-yong akan menangani latihan timnas senior dan U-19 Indonesia untuk persiapan turnamen internasional, termasuk Piala Dunia U-20 2021. Timnas U-19 yang diproyeksikan menjadi timnas U-20 di Piala Dunia U-20 2021 masih punya setidaknya dua panggung uji coba untuk bisa membuktikan prestasinya sebelum berlaga Mei tahun depan.

Jika sesuai jadwal, mereka akan berkompetisi di Piala Asia U-19 2020 di Uzbekistan, 14-31 Oktober mendatang. Kompetisi tersebut akan menjadi ajang resmi pertama bagi manajer timnas, Shin Tae-yong selama menukangi timnas U-19.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement