Jumat 10 Jul 2020 00:55 WIB

Lima Resep dan Trik Bikin Es Kopi Rumahan

Membuat minuman kopi ala kafe yang lezat di rumah tak serumit yang diperkirakan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Membuat minuman kopi ala kafe yang lezat di rumah tak serumit yang diperkiran (Foto: ilustrasi kopi)
Foto: Hippopx
Membuat minuman kopi ala kafe yang lezat di rumah tak serumit yang diperkiran (Foto: ilustrasi kopi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Membuat minuman kopi ala kafe yang lezat di rumah ternyata tak serumit yang diperkirakan. Ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk membuat sajian kopi nikmat tanpa membutuhkan banyak teknik atau alat yang mahal.

Laman Shondalan, Jumat (10/7), mengungkapkan setidaknya ada lima kreasi minuman kopi lezat yang bisa dibuat dengan cukup mudah di rumah. Berikut ini adalah kelima kreasi kopi tersebut.

Baca Juga

Cold Brew dengan Alat French Press

Bahan:

1 cangkir biji kopi yang sudah digiling

7 cangkir air dingin yang disaring

Masukkan bubuk kopi ke dalam alat french press, masukkan air dingin lalu aduk. Pastikan semua bubuk kopi terendam dengan air, namun jangan langsung menekan plunge alat french press ke bawah.

Simpan french press berisi bubuk kopi dan air dingin ke dalam kulkas bagian bawah selama 12-24 jam. Bila tak menginginkan rasa kopi yang terlalu kuat, penyimpanan di kulkas selama 12 jam sudah cukup. Namun bila menginginkan rasa kopi yang kuat, simpan french press berisi bubuk kopi dan air dingin lebih lama di dalam kulkas.

Setelah itu, keluarkan french press dari kulkas dan tekan bagian plunge hingga ke bagian dasar french press. Tuang kopi ke dalam gelas atau mason jar lalu simpan kembali ke dalam kulkas. Sajikan dengan air dingin dan cold brew siap dinikmati.

photo
(Foto: ilustrasi cold brew) - (Flickr)

Iced Latte

Bahan:

6-8 buah es batu kotak

1/4 cangkir espresso atau 1/2 cangkir kopi hitam seduh

3/4 sampai 1 cangkir susu, sesuaikan selera

Pemanis dalam bentuk apa pun, bila menginginkan

Isi gelas tinggi dengan es batu. Tuangkan espresso atau kopi seduh ke atas es tersebut.

Setelah itu, tuangkan susu dan pemanis sesuai selera ke dalam mason jar lalu buat buih dengan menggunakan alat milk frother. Bila tak memiliki alat milk frother, pasang tutup mason jar dan kocok hingga udara masuk cukup banyak ke dalam air dan menciptakan buih.

Tuangkan campuran susu dan pemanis ke dalam tinggi berisikan espresso atau kopi seduh dan es batu. Iced latte yang lezat siap disajikan.

 

Iced Caramel Macchiato

Bahan:

2 sendok teh sirup vanilla

1/4 cangkir espresso atau 1/2 cangkir kopi hitam seduh

1 cangkir susu dingin

6-8 buah es batu kotak

1 sendok makan saus karamel

Tuangkan atau drizzle saus karamel ke sisi-sisi bagian dalam gelas tinggi. Tuangkan sirup vanilla ke dalam gelas tersebut.

Langkah berikutnya, tuangkan susu dingin ke dalam gelas. Bila menggunakan kopi hitam seduh, ada baiknya menggunakan susu dengan rasio dua kali lipat dibandingkan kopi hitam yang digunakan.

Setelah itu, masukkan es batu ke dalam gelas dan tuangkan espresso atau seduhan kopi di atas es tersebut. Tuangkan kembali sisa saus karamel ke bagian atas minuman untuk mempercantik sajian iced caramel macchiato.

photo
(Foto: ilustrasi kopi) - (Needpix)

Blended Mocha Coffee Drink

Bahan:

1/2 cangkir espresso yang sudah didinginkan atau 1 cangkir kopi cold brew

1/4 cangkir susu kental manis

3/4 cangkir susu

10 buah es batu kotak, atau sesuaikan jumlah dengan kebutuhan

2 sendok makan sirup cokelat, tambahan 1 sendok makan untuk drizzle

1/4 cangkir heavy cream

Aduk espresso atau kopi seduh dengan susu kental manis. Selanjutnya, masukkan campuran tersebut bersama dengan susu, es batu dan sirup cokelat ke dalam blender, lalu blender hingga halus.

Keluarkan campuran kopi dari blender dan simpan di dalam mangkuk. Setelah blender dibersihkan, masukkan heavy cream dan blender selama satu menit. Setelah itu, masukkan kembali campuran kopi ke dalam blender dan blender selama satu menit.

Tuangkan seluruh campuran ke dalam gelas tinggi. Tambahkan whipped cream di atas minuman dan drizzle sisa saus cokelat. Sajikan dengan sedotan dan sendok.

 

Coffee Ice Cubes

Rasa kopi pada sajian iced coffe seringkali memudar seiring dengan mencairnya es batu. Agar tetap mendapatkan rasa kopi yang kuat, es batu biasa pada sajian iced coffe bisa diganti dengan es batu yang terbuat dari kopi.

Untuk membuat es batu kopi, buat kopi sesuai selera lalu masukkan ke dalam cetakan es batu. Simpan di dalam freezer hingga membeku.

Es batu kopi ini bisa digunakan untuk berbagai jenis sajian kopi, bukan hanya iced coffee saja. Es batu kopi ini juga bisa digunakan untuk menurunkan suhu sajian kopi panas dengan lebih cepat dengan mempertahankan cita rasa kopi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement