Jumat 10 Jul 2020 05:16 WIB

TNI-Polri Panen Raya di Kampung Tangguh Nusantara

Program ini diharapkan menjadi salah satu solusi mengatasi dampak pandemi Covid-19

Rep: djoko suceno/ Red: Hiru Muhammad
Kasdam Siliwangi dan Kapolda Jabar menghadiri Panen Raya Kampung Tangguh Nusantara .
Foto: pendam siliwangi
Kasdam Siliwangi dan Kapolda Jabar menghadiri Panen Raya Kampung Tangguh Nusantara .

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Kasdam III Siliwangi, Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, bersama Kapolda Jabar, Irjen Pol Rudy Sufahriadi, melakukan  panen raya Kampung Tangguh Nusantara Lembur Tohaga Lodaya di Desa Tangguh Raharja, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Majalengka, Kamis (9/7). Dalam acara tersebut dilakukan peluncuran aplikasi Pencegahan Karhutla berbasis IT (E-PMR).

Panen raya tersebut dilakukan secara virtual bersama Panglima TNI,  Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, dan Kapolri,  Jenderal Pol Idham Azis. Dalam sambutannya, Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo yang mewakili Pangdam III Siliwangi,  Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, mengatakan,  dalam program kampung tangguh akan dilakukan penanaman padi  Ciherang di lahan seluas delaan hektare dengan masa tanam 97 hari." Program ketahanan pangan tersebut, di Jawa Barat sudah menuai hasil yang cukup memuaskan meskipun situasi pada saat ini pada masa pandemi Covid-19, " ujar dia.

Di tempat terpisah, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis menyampaikan ucapan terima kasih atas pelaksanaan program ketahanan pangan melalui Kampung Tangguh. Ia juga mengatakan, jajaran  pemerintah di Jawa Barat agar terus melaksanakan program tersebut demi  kesejahteraan masyarakat,  khususnya para petani. ‘’Sehingga program ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi dalam upaya mengatasi dampak pandemi Covid-19, ‘’ kata dia.

Panglima TNI,  Marsekal TNI Hadi Tjahjanto,  mengatakan, panen raya hari ini menjadi bukti bahwa TNI-Polri mendukung program dalam ketahanan pangan." Kita semua dapat merasakan dan beradaptasi dengan kehidupan baru dengan protokol kesehatan Covid-19, "ujar dia.

Menurut Panglima TNI, perairan Indonesia sangat luas sehingga potensi perikanan tangkap dan budidaya  cukup melimpah. Dengan menghadapi situasi krisis ekonomi, saat ini, kata dia, masyarakat dapat mengambil salah satu langkah dengan menghadirkan Kampung Tangguh sehingga timbul kesadaran bersama dan dapat memutus penyebaran Covid-19." Saya ucapkan terima kasih kepada jajaran TNI -Polri sehingga dapat mewujudkan program dengan mengadakan ketahanan pangan Kampung Tangguh, " tutur dia.

Kegiatan ini juga dihadiri Danrem 063/SGJ,  Kolonel Inf  Elkines Villando Dewangga, Bupati Majalengka Karna Sobahi, Wakil Bupati Majalengka,  Darsono, para Asisten Kasdam III Siliwangi, dan sejumlah undangan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement