Jumat 10 Jul 2020 00:01 WIB

Saat Pandemi, Gangguan Kecemasan Meningkat

Lebih dari 35 persen responden China memiliki gangguan kecemasan umum.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Membahagiakan diri sendiri membuat seseorang mudah mengatasi stres dan kecemasan, peningkatan motivasi, serta sistem imun yang lebih baik
Foto: independent.co.uk
Membahagiakan diri sendiri membuat seseorang mudah mengatasi stres dan kecemasan, peningkatan motivasi, serta sistem imun yang lebih baik

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Para peneliti telah menemukan meningkatnya kecemasan, depresi dan dampak kesehatan mental lainnya di tengah pandemi Covid-19. Menurut Kantor Statistik Nasional Inggris, 39 persen orang yang menikah sekarang melaporkan tingkat kecemasan yang tinggi,

Studi lainnya menyebutkan, lebih dari 35 persen responden China memiliki gangguan kecemasan umum. Sementara itu data dari Biro Sensus Amerika Serikat dan Pusat Statistik Kesehatan Nasional AS menyebutkan hampir sepertiga orang Amerika sekarang mengalami gejala gangguan kecemasan.

Baca Juga

Angka-angka itu mungkin mengejutkan, tetapi beberapa profesional kesehatan mental mengatakan mereka tidak terkejut.

"Kecemasan sering muncul kapan saja di mana tubuh kita merasakan ancaman nyata. Tentu saja masuk akal di tengah pandemi," kata Luana Marques, psikiater dan presiden Asosiasi Kecemasan dan Depresi Amerika (ADAA), dilansir di CNN, Kamis (9/7).

Bagi banyak orang, kecemasan adalah sesuatu yang Anda tahu ketika Anda merasakannya. Asosiasi Psikologis Amerika mendefinisikan kecemasan sebagai emosi yang ditandai oleh perasaan tegang, pikiran yang khawatir, dan perubahan fisik seperti peningkatan tekanan darah. Gejala fisik lainnya dapat berupa detak jantung yang cepat, pusing, berkeringat, dan gemetaran.

Sementara kecemasan berbeda dari depresi, gangguan mood lain. Adalah hal yang umum untuk mengalami gejala keduanya pada saat yang sama. Ada beberapa jenis utama gangguan kecemasan, termasuk gangguan kecemasan umum, gangguan panik dan gangguan terkait fobia.

Dan sementara gejala kecemasan bisa sangat tidak menyenangkan, Marques mengatakan emosi sebenarnya merupakan alat penting yang digunakan tubuh kita untuk mengeluarkan kita dari situasi berbahaya.

"Kecemasan, sebagai respons biologis, adalah keadaan ingin berkelahi atau melarikan diri," jelasnya.

Misalnya untuk meloloskan diri dari bahaya, navigasi berlebihan yang terkait dengan kecemasan dapat membantu. Tetapi meskipun kesadaran dan kewaspadaan yang meningkat itu masuk akal secara biologis, Marques mengatakan bahwa emosi juga mengikis kemampuan kita untuk membuat pilihan yang beralasan.

"Ketika Anda memiliki banyak kecemasan, Anda sebenarnya kesulitan membuat keputusan. Itu adalah sesuatu yang saya lihat di klinik saya," jelasnya.

"Pasien mengalami kesulitan mencari tahu: 'Apakah ini keputusan yang baik atau tidak?' Dan itu karena otak mereka tidak sepenuhnya aktif untuk dapat membuat keputusan," tambahnya.

Hal ini memprihatinkan, ketika pandemi Covid-19, banyak yang menghadapi keputusan sehari-hari dengan taruhan besar bagi kehidupan dan mata pencaharian keluarga mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement