Kamis 09 Jul 2020 21:30 WIB

Honda Jual Hampir 2.500 Unit Mobil Selama Juni

Honda mencatat penjualan sebanyak 2.488 unit di Indonesia.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
New Honda Mobilio, Honda Mobilio, saat peluncuran, Kamis (21/2), di Jakarta.
Foto: darmawan / republika
New Honda Mobilio, Honda Mobilio, saat peluncuran, Kamis (21/2), di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Pasar otomotif di Indonesia mulai menunjukkan tren yang positif untuk pertama kalinya dalam tiga bulan terakhir. Hal itu pun terjadi dalam catatan total penjualan mobil Honda pada Juni 2020.

Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy mengatakan, sepanjang bulan Juni 2020, Honda mencatat penjualan sebanyak 2.488 unit di Indonesia. “Artinya, penjualan Honda pada Juni meningkat 93 persen dibandingkan penjualan pada bulan Mei,” kata Billy dalam Interview Virtual Conference HPM pada Kamis (9/7).

Baca Juga

Kontribusi terbesar penjualan di bulan Juni sendiri berasal dari Honda Brio sebanyak 1.314 unit, yang sekaligus memberikan kontribusi hingga 52 persen dari total penjualan seluruh model Honda. Selain itu, Honda HR-V terjual sebanyak 343 unit, Honda Jazz sebesar 293 unit, Honda CR-V sebanyak 192 unit dan Honda Mobilio sebesar 164 unit.

Sementara itu Honda BR-V terjual 66 unit dan Honda Civic Hatchback sebanyak 52 unit. Honda Civic Sedan mencatat penjualan sebanyak 26 unit disusul Honda Accord sebanyak 20 unit, Honda City sebanyak 14 unit, dan Honda Odyssey sebanyak 4 unit.

Dia mengatakan pencapaian penjualan di bulan Juni ini didorong oleh mulai meningkatnya aktivitas masyarakat di sebagian besar wilayah Indonesia. Selain itu juga indikator makro ekonomi yang relatif positif saat ini.

"Kontribusi yang besar juga datang pembeli mobil pertama di segmen LCGC, yang didukung oleh lembaga pembiayaan yang saat ini sudah lebih meringankan pembelian dengan kredit. Meskipun kondisi saat ini masih belum sepenuhnya stabil, kami optimis pencapaian di bulan Juni akan menjadi awal yang baik untuk mulainya pemulihan pasar otomotif di Indonesia,” ujarnya.

Honda juga terus berusaha memberikan kemudahan dan keringanan kepada konsumen yang ingin melakukan pembelian mobil, khususnya melalui program penjualan Online. Hingga bulan Juni lalu, tercatat lebih dari 50 persen dari total pembelian mobil Honda datang melalui jalur online.

Tak hanya itu, Honda juga baru-baru ini meluncurkan kampanye #HondaHopefuel yang merupakan upaya untuk menumbuhkan harapan dan tetap mendukung mobilitas sehari-hari para konsumen melalui berbagai inovasi layanan yang disiapkan Honda untuk era baru saat ini.

Berbagai layanan yang tercakup dalam program tersebut meliputi Home Service untuk perawatan mobil ringan hingga perawatan berkala, Pickup Service untuk perawatan berkala dan perbaikan yang memerlukan peralatan khusus, Honda Experience untuk membantu konsumen saat berada dalam keadaan darurat selama 24 jam, hingga kemudahan pembelian mobil secara online melalui website resmi Honda maupun virtual official store di berbagai situs e-commerce.

Dari rekapitulasi penjualan sepanjang Juni itu, ia juga menyoroti soal adanya peningkatan penjualan untuk mobil dengan transmisi manual.

“Biasanya, mobil matic lebih diminati. Tapi akhir-akhir ini penjualan untuk transmisi manual juga cukup tinggi. Kemungkinan besar, penjualan pada mobil manual ini datang dari konsumen first time buyer yang masih lebih familiar untuk mengemudikan mobil manual,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement