Kamis 09 Jul 2020 18:42 WIB

Cal Crutchlow Tertarik Pindah ke Aprilia

Crutchlow tidak melihat kepergiannya sebagai sesuatu yang terburu-buru.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Cal Crutchlow
Foto: EPA-EFE/Javier Cebollada
Cal Crutchlow

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Kontrak pembalap MotoGP, Cal Crutchlow dengan Honda akan segera berakhir. Crutchlow berencana keluar agar ada perombakan dari Honda untuk kejuaraan dunia MotoGP 2021 mendatang.

Rencana pembalap asal Inggris ini menjadi spekulasi bahwa Pol Espargaro akan hadir di musim selanjutnya untuk menggantikan Alex Marquez.

Akibatnya, Marquez yang belum pernah debut ini akibat pandemik virus corona hampir passti akan dialihkan ke skuat LCR untuk menggantikan Crutchlow atau Takaaki Nakagami.

Dengan opsi perampingan tim pada 2021 mendatang akan segera diumumkan. Crutchlow berharap yang terbaik untuk bisa tampil bersama Aprilia, dimana keputusan masih belum ditentukan karena menunggu keputusan pelarangan akibat obat-obatan yang dilakukan Andrea Lannone.

Semua menjadi pilihan Crutchlow untuk mengambil kesempatan itu. Termasuk membantu Aprilia untuk mengembangkan RS-GP baru yang telah diuji pada pramusim lalu.

"Waktu saya bersama Honda sangat hebat dan kami telah mencapai banyak hal bersama, tetapi semua hal baik harus berakhir pada titik tertentu. Saya sudah merasakan 19 podium bersama Lucio di timnya, tetapi dia sekarang memiliki rencana lain. Jika kesepakatan tidak dilakukan dengan Taka, maka saya mungkin bisa  tinggal, tapi saya pikir peluangnya sangat jauh," kata Crutchlow dilansir dari laman Crash, Kamis (9/7).

Crutchlow tidak melihat kepergiannya sebagai sesuatu yang terburu-buru. Menurutnya, pindah ke Aprilia bisa jadi tantangan yang baru baginya. "Saya ingin apa yang saya lakukan menjadi menyenangkan, karena ini bukan soal uang. Tapi mengembangkan RS-GP dengan Aleix bisa sangat menyenangkan," katanya.

Dia menyebut ini sebagai kesempatan untuk mendapatkan podium dari pabrikan motor yang berbeda. Kepindahannya pun bisa jadi kontribusinya dalam mengembangkan motor dan proyek balapan baru.

Salah satu opsi Crutchlow adalah kembali ke kejuaraan WorldSBK. Sementara itu, Yamaha saat ini mencari pembalap papan atas setelah Michael van der Mark keluar. "Saya punya pilihan dan saya sangat menghargainya. Tetapi saya pikir ini adalah seri yang hebat, saya tidak akan berlomba di sana musim depan.

Namun saya pikir pilihan untuk pergi adalah pilihan yang bagus dan sesuatu yang menarik bagi saya," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement