Kamis 09 Jul 2020 17:36 WIB

Studi Ekskursi, Mahasiswi UMM Lulus Skripsi Semester Enam

Pada 27 Juli hingga 2 Agustus 2019, Senja mengikuti Studi Ekskursi LN di Bangkok.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Mahasiswi Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Senja Ricmasari.
Foto: Dokumen.
Mahasiswi Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Senja Ricmasari.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Mahasiswi Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Senja Ricmasari, berhasil lulus skripsi di semester enam. Capaian ini tercapai berkat kegiatan Studi Ekskursi Luar Negeri (SE LN) di Bangkok, Thailand.

Pada 27 Juli hingga 2 Agustus 2019, Senja mengikuti SE LN di Bangkok. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari proses seleksi tingkat Prodi PGSD UMM. Setiap mahasiswa yang akan mengikuti SE LN akan mendapat pembimbing skripsi terlebih dahulu.

Dengan demikian pada saat pelaksanaan di Bangkok, mahasiswa bisa sekaligus mengambil data penelitian skripsi di Sekolah Indonesia Bangkok. Setelah menyelesaikan kegiatan di Bangkok, Senja langsung menyusun laporan SE LN.

Laporan ini sekaligus hasil penelitian dari skripsinya. "Oleh karenanya, tahapan akhir SE LN yang mengantarkan terselesaikannya skripsi saya di semester enam ini,” kata perempuan asli Sidoarjo ini.

SE LN merupakan bagian dari program inovatif Student Active Learning Experience (SAL-Experience) yang dikembangkan Prodi PGSD UMM.  Program ini bertujuan mewujudkan belajar inovatif, kreatif, bermakna, dan menyenangkan bagi para mahasiswa di setiap mata kuliah.

Selain itu, program ini juga untuk mewujudkan program universitas yaitu Kelulusan Tepat Waktu (KTW). Senja mengaku mendapatkan banyak manfaat dari program SE LN. Ia tidak hanya menyelesaikan program SE LN, tetapi juga mendapatkan pengalaman internasional.

Bahkan, menjadi lulusan pertama pada angkatan 2017. "Kali ini saya tinggal menyelesaikan dua mata kuliah lagi di semester 7 untuk bisa lulus sarjana,” kata mahasiswa yang meraih IPK 3,93 ini.

Sebanyak 35 mahasiswa siap menyusul Senja untuk lulus lebih cepat berkat SAL-Experince. Mereka menghasilkan beragam produk seperti publikasi ilmiah, buku ber-ISBN, HKI, dan konten Youtube. Program ini ditujukan agar mahasiswa terdorong terus melakukan inovasi dan mempercepat studinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement