Kamis 09 Jul 2020 03:37 WIB

Tingkatkan Kekebalan Tubuh dengan Makanan Kaya Vitamin D

Vitamin D punya banyak fungsi untuk kesehatan tubuh termasuk meningkatkan kekebalan

Rep: Rahayu Marini Hakim/ Red: Gita Amanda
Pekerja memanen jamur tiram, (ilustrasi). Jamur merupakan salah satu bahan makanan tinggi nutrisi dan mengandung vitamin D dalam jumlah yang baik.
Foto: Antara/Muhammad Bagus Khoirunas
Pekerja memanen jamur tiram, (ilustrasi). Jamur merupakan salah satu bahan makanan tinggi nutrisi dan mengandung vitamin D dalam jumlah yang baik.

REPUBLIKA.CO.ID, Vitamin D memiliki banyak fungsi untuk kesehatan tubuh. Vitamin ini berperan dalam pengaturan dan penyerapan kalsium dalam tubuh yang membantu tulang, otot, rambut dan gigi tetap sehat. Juga meningkatkan kekebalan tubuh.

Dilansir dari Medical Daily, sejumlah makanan kata akan vitamin D. Berikut di antaranya:

Baca Juga

-Produk susu dan alternatif produk nondairy

Produk-produk susu seperti susu, yogurt, buttermilk, dan keju adalah sumber yang bagus untuk vitamin D, jadi jadikan makanan ini bagian yang penting dari menu harian. Khususnya keju, adalah salah satu makanan kaya vitamin D yang menempati urutan teratas.

 

Dari semua jenis keju, keju Ricotta menyediakan vitamin D dengan jumlah tertinggi. Namun jika seseorang tidak toleran terhadap laktosa, maka disarankan berlatih diet vegan atau mencari alternatif nondairy, maka susu kedelai adalah pilihan yang bagus. Selain mengandung protein dalam jumlah yang sama dengan susu sapi biasa, susu Kedelai juga disebutkan mengandung vitamin D, vitamin C, dan zat besi tingkat tinggi.

Telur

Telur juga dapat memberi vitamin D yang butuhkan setiap hari, terutama ketika dimakan bersama dengan kuningnya, tempat semua vitamin disimpan.

Ikan

Ikan, khususnya ikan berlemak seperti salmon, tuna dan mackerel, juga merupakan sumber vitamin D yang bagus dan bermanfaat bagi tubuh. Selain itu, ikan juga menyediakan kalsium, asam lemak omega-3 dan nutrisi penting lainnya.

Jamur

Selain rendah lemak dan tinggi nutrisi, jamur juga menyediakan vitamin D dalam jumlah yang baik. Sayuran bergizi ini juga serbaguna, karena dapat dimasak dengan pasta, pizza, tumis sayuran, nasi goreng, sandwich, telur dadar dan hidangan lainnya.

Jika ingin meningkatkan kadar vitamin D, sertakan jamur dalam menu empat kali seminggu. Untuk manfaat tambahan, jamur dapat dijemur sebelum dikonsumsi karena jamur secara alami menghasilkan vitamin D ketika terkena sinar matahari.

Gandum utuh

Ketika dikonsumsi, gandum utuh, barley (Jelai), oats, dan varietas biji-bijian lainnya memberi vitamin D yang dibutuhkan tubuh setiap hari.

Kacang

Kacang seperti kenari dan kacang lainnya juga memberi vitamin D yang butuhkan di luar sinar matahari. Hanya beberapa di antaranya yang cukup untuk membuat seseorang tetap kuat dan sehat setiap hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement