Kamis 09 Jul 2020 00:52 WIB

Naturalisasi Marc Klok Segera Rampung

Kini Klok tinggal melengkapi berkas dan mendekati tahap akhir.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Endro Yuwanto
Marc Klok
Foto: persija
Marc Klok

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Berlanjutnya kompetisi Liga 1 2020 pada Oktober mendatang akan jadi hal yang berbeda bagi pemain Persija Jakarta, Marc Klok. Proses naturalisasi pemain asal Belanda ini akan segera rampung.

Proses Klok untuk mendapatkan paspor Indonesia sudah sampai di perwakilan DPR RI pada pekan lalu. Kini pemain usia 27 tahun ini tinggal melengkapi berkas dan mendekati tahap akhir, yakni mengucapkan sumpah, menyanyikan lagu kebangsaan, dan menghafalkan Pancasila.

"Benar saat ini memasuki proses administrasi di DPR. Saat ini saya harus menyelesaikan beberapa hal agar proses itu berlanjut ke tahap selanjutnya. Saya sendiri berharap semuanya bisa lancar apalagi di tengah situasi pandemi ini tidak mudah," kata Klok dilansir dari laman resmi Liga 1, Rabu (8/7).

Perjuangan Klok untuk menjadi warga negara Indonesia memang tidak mudah. Dari mulai proses administrasi sempat terhenti karena pergantian menteri di kabinet hingga adanya pandemi virus corona. Ini membuat Klok harus ekstra-sabar.

"Intinya harus bersabar. Setelah proses di DPR rampung, lalu tunggu persetujuan Presiden. Setelah itu saya rasa prosesnya sudah selesai dan saya akan resmi menjadi warga negara Indonesia," kata mantan pemain PSM Makassar ini.

Selesainya proses naturalisasi bukan hanya membuat Klok senang. Persija pun memiliki satu slot kosong untuk pemain asing. Tidak hanya itu, Klok yang sudah beberapa kali ikut latihan bersama timnas bisa saja membela timnas di ajang Pra-Piala Dunia 2022 dan Piala AFF.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement