Kamis 09 Jul 2020 05:20 WIB

Pemkot Tangerang Gunakan Lalat Hitam untuk Mengolah Sampah

Lalat hitam mampu membantu mengurai atau mendaur ulang sampah organik.

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah.
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Walikota Tangerang Arief R Wismansyah.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Kota Tangerang menggencarkan pengolahan sampah menggunakan larva dari lalat hitam yang mirip dengan tawon atau disebut Maggot BSF (Black Soldier Fly). Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan lalat hitam tersebut mampu membantu mengurai atau mendaur ulang sampah organik.

Maggot juga bisa digunakan untuk pakan ternak, terutama unggas dan lele karena memiliki kandungan protein yang tinggi. "Saya merasakan langsung. Karena sekarang ikan dan burung yang ada di rumah, saya kasih makan dari hasil ternakan maggot. Alhamdulillah tumbuh sehat," ujar Arief Wismansyah, saat mengawali arahannya untuk peserta yang mengikuti web seminar (webinar) mengenai budidaya Maggot BSF yang diikuti 159 peserta di Tangerang, Rabu (8/7).

Baca Juga

Wali Kota Tangerangmenilai, maggot yang dibudi daya dapat menjadi alternatif di tengah pandemi Covid-19 agar terus mampu berkontribusi bagi lingkungan dan kesejahteraan masyarakat itu sendiri. "Terutama dari segi pengurangan sampah maupun kesejahteraan masyarakat. Karena maggot yang dibudi daya dapat mengurangi biaya operasional, khususnya bagi yang memiliki peternakan ikan dan unggas," katanya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Dedi Suhada menuturkan, data produksi sampah di Kota Tangerang per harinya mencapai 10.400 ton, 40-60 persennya adalah sampah organik. Karena itu dirinya berharap peserta webinar mampu membaca peluang tersebut sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan.

"Ini bisa jadi peluang kalau diolah dengan baik. Bisa jadi peluang usaha, menghasilkan untung dan tentunya menjadi salah satu solusi dalam mengurangi sampah," ucapnya.

Untuk diketahui, webinarbudi daya Maggot BSF tersebut menghadirkan narasumber, di antaranya Owner BSF Boyolali sekaligus Owner Minimasyu Integrated FarmingMuhammad Jafar Khoerun dan egiat Lingkungan Benua Lestari IndonesiaEko Fauzan Adima.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement