Rabu 08 Jul 2020 16:40 WIB

China, Pakistan, Afghanistan Tangani Covid-19 Bersama

Kesepakatan dicapai selama putaran ketiga Dialog Strategis Wakil Menlu Trilateral

Red: Nur Aini
Penanganan pasien Covid-19, ilustrasi
Penanganan pasien Covid-19, ilustrasi

 

REPUBLIKA.Co.ID, KARACHI -- China, Pakistan, dan Afghanistan sepakat untuk bekerja sama dalam proses perdamaian dan rekonsiliasi Afghanistan serta menangani pandemi Covid-19.

Baca Juga

Kesepakatan itu dicapai selama putaran ketiga Dialog Strategis Wakil Menteri Luar Negeri Trilateral China-Afghanistan-Pakistan. Wakil Menteri Luar Negeri China Luo Zhaohui, Wakil Menteri Luar Negeri Afghanistan Mirwais Nab, dan Menteri Luar Negeri Pakistan Sohail Mahmood memimpin dialog tersebut.

"Ketiga pihak menggelar diskusi dan mencapai konsensus tentang kerja sama melawan Covid-19, proses perdamaian dan rekonsiliasi Afghanistan, dan kerja sama trilateral," kata Kementerian Luar Negeri Pakistan dalam sebuah pernyataan.

Mereka menegaskan kembali komitmen mereka untuk memperkuat komunikasi dan koordinasi dan meningkatkan rasa saling percaya dan kerja sama di bawah mekanisme kerja sama trilateral. Mereka juga sepakat untuk menyerukan kepada masyarakat internasional untuk bersama-sama mendukung peran utama Organisasi Kesehatan Dunia dalam mengoordinasikan respons global Covid-19 global, mempromosikan kerja sama internasional dalam pencegahan dan pengendalian bersama, dan menjaga keamanan kesehatan masyarakat di kawasan dan sekitarnya.

Dialog Afghanistan

China dan Pakistan menghargai upaya pemerintah Afghanistan dan pihak-pihak terkait dalam mempercepat pertukaran tahanan untuk membuka jalan bagi dimulainya negosiasi Intra-Afghanistan dan menyerukan pengurangan kekerasan dan gencatan senjata kemanusiaan. Pertukaran tahanan adalah komponen kunci dari perjanjian perdamaian penting antara Washington dan Taliban atau prasyarat Taliban untuk memulai dialog intra-Afghanistan.

"China dan Pakistan akan meningkatkan kerja sama dengan pemerintah Afghanistan dalam mendukung proses rekonsiliasi perdamaian," kata kementerian.

Sementara itu, Afghanistan dan Pakistan sepakat untuk lebih memperkuat dialog dan meningkatkan hubungan bilateral, termasuk implementasi Rencana Aksi Afghanistan-Pakistan untuk Perdamaian dan Solidaritas (APAPPS). China akan terus memainkan peran konstruktif dalam meningkatkan hubungan Afghanistan-Pakistan.

Ketiga pihak sepakat bahwa kembalinya para pengungsi Afghanistan harus menjadi bagian dari proses perdamaian dan rekonsiliasi, dan menggarisbawahi peran komunitas internasional untuk peta jalan demi repatriasi para pengungsi Afghanistan ke kampung halaman mereka dengan martabat dan kehormatan. Mereka juga mendesak penarikan pasukan asing dari Afghanistan dengan tertib dan bertanggung jawab.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/china-pakistan-afghanistan-sepakat-tangani-covid-19-bersama/1903246
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement