Rabu 08 Jul 2020 15:09 WIB

Restoran Nobu Robert De Niro Ikut Kecipratan Bantuan Dana

Restoran Nobu milik De Niro dan dua rekannya dapat bantuan Program Perlindungan Gaji.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Restoran mewah yang merupakan usaha patungan Robert De Niro dan rekan turut kecipratan dana Program Perlindungan Gaji dari Pemerintah AS.
Foto: EPA
Restoran mewah yang merupakan usaha patungan Robert De Niro dan rekan turut kecipratan dana Program Perlindungan Gaji dari Pemerintah AS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nobu grup yang menaungi restoran mewah dan hotel mengambil 14 kredit dari program bantuan usaha kecil Amerika Serikat (AS) sebanyak 28 juta dolar AS. Rantai bisnis yang didirikan aktor Robert De Niro, koki selebritas Nobuyuki “Nobu” Matsuhisa, dan produser film Meir Teper itu mendapat pendanaan untuk properti mereka yang tersebar di seluruh Amerika Serikat, dari Kalifornia ke Texas dan New York.

Dilansir laman Today, gerai restoran menjadi penerima terbesar dari Program Perlindungan Gaji (PPP) yang merupakan komponen kunci dari respons pemerintah terhadap dampak ekonomi dari pandemi virus corona. Berita tentang rantai besar, seperti Shake Shack dan Ruth’s Hospitality Group mendapat pendanaan, memicu kehobohan pada April.

Baca Juga

Secara khusus, Menteri Keuangan Steven Mnuchin mengatakan, program itu bukan untuk perusahaan yang dapat memanfaatkan bentuk modal lain, dari pasar ekuitas hingga jalur kredit bank. Kelompok Nobu tampaknya menjadi salah satu penerima manfaat yang lebih besar dari program itu, dengan mendapat setidaknya 11 juta dolar AS dan sebanyak 28 juta dolar AS.

New York Business Development Corporation terdaftar sebagai bank yang memproses pinjaman. Rilis data yang merinci tentang bantuan PPP 660 miliar dolar AS muncul setelah Mnuchin awalnya menolak mengungkapkan penerima dalam program dengan mengatakan bahwa data itu sebagai informasi eksklusif.

Sejak dimulai pada April, bantuan itu menarik perhatian, pertama untuk masalah teknis di tengah perebutan akses. Kemudian terungkap bahwa perusahaan besar mengambil keuntungan dari bantuan darurat itu.

Pihak administrasi akhirnya mengalah dengan bersedia mengungkapkan identitas perusahaan yang menerima setidaknya 150 ribu dolar AS dari program itu. Penerima lain dari pinjaman jutaan dolar itu, termasuk pemegang waralaba rantai hamburger PF Chang dan Five Guys. Bisnis kafe yang terinspirasi Australia, Bluestone Lane, mendapat pinjaman senilai 5 juta dolar AS hingga 10 juta dolar AS.

Waralaba McDonald's dan Wendy's muncul di daftar besar itu. Dalam beberapa kasus mendapatkan pinjaman 150 ribu dolar AS. Southern California Pizza Company yang mengoperasikan 224 lokasi Pizza Hut di Pantai Barat mendapat 5 juta dolar AS hingga 10 juta dolar AS, meskipun dimiliki ekuitas swasta pada 2012.

Perusahaan mengembalikan pinjaman lebih dari 30 miliar dolar AS, setelah Mnuchin menyorot organisasi seperti Los Angeles Lakers karena memanfaatkan program itu. Namun, pemerintah tidak mengungkapkan identitas perusahaan yang mengembalikan dana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement