Jumat 10 Jul 2020 05:30 WIB

Infografis Alquran Raksasa di Penjuru Dunia

Tiga Alquran terbesar di dunia dan salah satunya berada di Indonesia.

Foto: republika
Membaca Alquran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Alquran-Alquran Raksasa di Penjuru Dunia

  

Di dunia saat ini terdapat Alquran yang ditulis berbagai ukuran, mulai dari yang terbesar hingga terkecil.

Tiga Alquran terbesar di dunia dan salah satunya berada di Indonesia. Sedangkan dua lainnya ada di Mesir dan Rusia. Berikut informasi singkat tentang tiga mushaf terbesar itu:

> Mushaf Handmade Mesir

Karya tulisan tangan seniman Mesir bernama Saad Mohamed. Panjang 700 meter rampung dikerjakan selama 3,5 tahun. Dilengkapi kaligrafi dengan motif khas Islam. Sempat diajukan masuk ke dalam Guiness World Records.

> Mushaf Akbar Indonesia

Alquran di Indonesia yang terbesar saat ini tersimpan di Palembang. Alquran 30 juz ini terbuat dari kayu tembesu yang dilengkapi ukiran khas tradisional Palembang. Tinggi 15 meter, memiliki 315 potongan papan tembesu berukuran 177 kali 140 sentimeter. Terdiri dari 630 halaman dilengkapi dengan tajwid dan doa khatam bagi pemula. Alquran ini dibuat pada 2002 dan selesai 2009 oleh warga Sumatra Selatan.

> Mushaf Rusia

Muslim Rusia membuat Alquran terbesar. Komunitas Muslim Rusia berhasil membuat Alquran seberat 800 kilogram dan berukuran 1,2 kali delapan meter dengan total halaman mencapai 632 lembar.

Sampul Alquran terbuat dari emas dan perak, serta ditutupi motif dasar perunggu berdiameter 14 sentimeter. Penulisan Alquran ini berlangsung selama satu tahun.

Alquran ini ditempatkan di sebuah masjid di Kazan, Tatarstan. Kemudian, pada akhir 2011, mereka memindahkannya ke Bolgary yang mayoritas berpenduduk Muslim. .

Sumber: Harian Republika

Pengolah: Nashih Nashrullah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement