Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Sirkulasi Udara di Pesawat Bisa Saring Virus

Rabu 08 Jul 2020 11:23 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Fuji Pratiwi

Personel dari Garuda Maintenance Facility (GMF) Aero Asia melakukan desinfeksi (ilustrasi). Sirkulasi udara di kabin pesawat dipastikan aman.

Personel dari Garuda Maintenance Facility (GMF) Aero Asia melakukan desinfeksi (ilustrasi). Sirkulasi udara di kabin pesawat dipastikan aman.

Foto: Republika/Rahayu Subekti
Sirkulasi udara di dalam kabin aman meski terbang dua sampai tiga jam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Novie Riyanto mengatakan terus Kemenhub berupaya berkoordinasi degan operator transportasi udara untuk operasional aman dan nyaman saat pandemi Covid-19. Salah satunya mengenai keamanan sistem sirkulasi udara di pesawat yang menggunakan sistem High Efficiency Particulate Air (HEPA).

"Sirkulasi udara di dalam kabin penumpang aman meski harus terbang sepanjang dua sampai tiga jam," kata Novie saat menghadiri rapat panja pemulihan pariwisata dengan Komisi X DPR.

Novie menjelaskan, sirkulasi udara di pesawat yang menggunakan filter khusus yakni HEPA dapat menyaring bakteri dan virus. Hal tersebut menjadi salah satu pendukung penerapan protokol kesehatan saat //new normal.

Sementara itu, Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra juga yakin sirkulasi udara di pesawat dapat melindungi penumpang. Irfan mengakui terdapat satu atau dua kasus penumpang yang ditemukan positif Covid-19.

"Kami sedang memonitor dengan ketat apakah ada implikasi dari penumpang yang positif di Garuda Indonesia menyebabkan penyebaran virus di pesawat atau tidak. Kalau tidak, ini yang menarik," ujar Irfan.

Irfan menuturkan, secara teori di dalam pesawat yang dioperasikan Garuda Indonesia sudah mengimplementasikan HEPA. Sistem tersebut dapat melawan virus dan bakteri di dalam pesawat.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA