Rabu 08 Jul 2020 11:00 WIB

China Ubah Hotel Hong Kong Jadi Kantor Keamanan Nasional

Pendirian kantor keamanan ini merupakan buntut pemberlakuan UU Keamanan Nasional.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Teguh Firmansyah
China telah memberlakukan UU Keamanan Nasional di Hong Kong yang menuai kontroversi.
Foto: BBC/Reuters
China telah memberlakukan UU Keamanan Nasional di Hong Kong yang menuai kontroversi.

REPUBLIKA.CO.ID, HONG KONG -- Beijing membuka kantor keamanan nasional yang baru di Hong Kong pada Rabu (8/7). Kantor ini memanfaatkan bangunan hotel di kawasan perbelanjaan dan komersial di Causeway Bay.

Kantor tersebut akan mengawasi penegakan hukum keamanan nasional Beijing oleh pemerintah Hong Kong. Lembaga ini akan menghukum tindakan pemisahan diri, subversi, terorisme, dan kolusi dengan pihak asing dengan ancaman penjara.

Baca Juga

Kepala kantor keamanan nasional Hong Kong, Zhang Yanxiong, dan pemimpin eksklusif Hong Kong, Carrie Lam, menghadiri upacara pembukaan gedung bekas Metropark Hotel. Tempat ini menawarkan pemandangan langsung ke Victoria Harbour.

Keberadaan kantor tersebut sejalan dengan pengesahan Undang-Undang Keamanan Nasional. Dalam peraturan itu juga menempatkan agen keamanan daratan di Hong Kong untuk pertama kalinya. Mereka memiliki wewenang untuk menyelidiki dan menuntut kejahatan keamanan nasional dan memungkinkan ekstradisi ke daratan agar bisa diadili di pengadilan yang dikendalikan oleh Partai Komunis.

Beijing memberlakukan Undang-Undang itu di kota tersebut pada pekan lalu. Keputusan ini menempatkan bekas jajahan Inggris itu ke dalam sistem lebih otoriter dan mendapat kecaman dari beberapa pemerintah Barat, pengacara, dan kelompok hak asasi manusia.

Para pengkritik hukum khawatir itu akan menghancurkan kebebasan yang selama ini bisa dirasakan warga. Sementara para pendukung mengatakan, peraturan baru akan membawa stabilitas setelah protes selama setahun yang terkadang berakhir dengan kekerasan, sehingga menjerumuskan kota ke dalam krisis terbesar dalam beberapa dekade.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement