Selasa 07 Jul 2020 22:40 WIB

Pemkab Karawang Kembangkan Aplikasi Lowongan Kerja Online

Saat ini aplikasi informasi lowongan kerja online ini sudah sampai tahap persiapan.

Warga mencari informasi lowongan pekerjaan di bursa kerja. ilustrasi
Foto: Antara/Prasetia Fauzani
Warga mencari informasi lowongan pekerjaan di bursa kerja. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengembangkan aplikasi informasi lowongan kerja online berbasis website. Ini untuk memudahkan masyarakat mendapa‎tkan informasi lowongan kerja.

"Melalui aplikasi itu, nantinya para pencari kerja hanya mengunggah berkas persyaratan," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika setempat Asep Aang Rahmatullah, di Karawang, Selasa (7/7).

Baca Juga

Ia mengatakan, setelah berkas persyaratan dipenuhi, para pencari kerja tinggal menunggu notifikasi adanya lowongan kerja dari perusahaan.

Dikatakannya, saat ini aplikasi informasi lowongan kerja online tersebut sudah sampai tahap persentase progres persiapan aplikasi. Tahap selanjutnya adalah bimbingan teknis untuk admin dari Disnakertrans, dan juga dari pihak perusahaan untuk pengoperasian aplikasi.

 

Aplikasi itu sendiri tercipta atas sinergi Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Karawang.

Menurut Asep Aang, dengan adanya aplikasi itu maka pihak perusahaan bisa langsung memberikan informasi lowongan kerja langsung secara online. Sedangkan para pencari kerja yang mendaftar langsung mendapatkan notifikasi adanya lowongan kerja melalui e-mail.

Diharapkan aplikasi itu dapat memudahkan masyarakat Karawang yang membutuhkan informasi seputar lowongan pekerjaan sekaligus memudahkan pihak perusahaan menginformasikan adanya lowongan pekerjaan.

"Aplikasi ini dikhususkan bagi warga yang memiliki KTP Karawang. Nanti saat input data pencari kerja non-KTP Karawang secara otomatis gugur," kata dia.

Selain sebagai informasi lowongan kerja, aplikasi tersebut juga nantinya bisa dimanfaatkan untuk pelayanan pembuatan kartu kuning secara online.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement