Selasa 07 Jul 2020 19:36 WIB

Sukabumi Galakkan Tanam Bawang Merah

Penanaman bawang merah karena menjadi salah satu komoditas menguntungkan.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Andi Nur Aminah
Budidaya bawang merah (ilustrasi)
Foto: Kementan
Budidaya bawang merah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Kota Sukabumi menggalakan penanaman bawang merah untuk mampu memenuhi kebutuhan lokal. Targetnya Kota Sukabumi jadi sentra bawang merah.

Hal ini ditandai dengan penanaman bawang merah oleh Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi di Kampung Cibitung RW 04 Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum, Selasa (7/7). Kegiatan itu dihadiri pula Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi, Andri Setiawan dan kelompok tani di Cibeureum.

Baca Juga

"Kami melaksanakan penanaman bawang merah karena menjadi salah satu komoditas menguntungkan," ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi kepada wartawan. Oleh karenanya pemda mengimbau kepada petani menggalakkan tanam bawang merah.

Harapannya kualitas bawang merah grade tipe A menjadi menguntungkan dan lahan pertanian di Sukabumi layak ditanami bawang. Untuk tahap pertama lanjut Fahmi, sentra bawang berada di Cibeureum karena ada pengusaha dan kelompok tani baru.

Nantinya ketika berkembang akan ada sentra lainnya. Selain itu, dia berharap mudah-mudahan bawang asal Sukabumi mampu bersaing dengan produksi bawang dari Brebes, Jawa Tengah.

Kepala DKP3 Kota Sukabumi Andri Setiawan mengatakan, penanaman bawang ini menjadi salah satu cara menjaga ketahanan pangan di masyarakat. Salah satunya dengan mengembangkan tanaman bawang merah. "Sukabumi miliki potensi bawang merah yang tidak kalah dibanding yang lain," ujar Andri. Harapannya bawang jadi produk pertanian unggulan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement