Selasa 07 Jul 2020 18:39 WIB

Oxford United Tinggal Selangkah Lagi Naik Kasta

Pelatih Oxford United begitu terkesan dengan perjuangan anak-anak asuhnya.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Oxford United FC.
Foto: Dok Wikipedia
Oxford United FC.

REPUBLIKA.CO.ID, OXFORD -- Oxford United sukses memastikan satu tempat di babak final playoff English Football League (EFL) setelah menyingkirkan Portsmouth di babak semifinal. Setelah bermain imbang 1-1 selama 90 menit laga, Oxford United akhirnya sukses mengalahkan Porsmouth, 5-4, di babak adu penalti, Senin (6/7) waktu setempat atau Selasa (7/7) dini hari WIB.

Kendati secara agregat kedua tim memetik hasil imbang, 2-2 tetapi kemenangan di babak adu penalti dalam laga yang digelar di Stadion Kassam, Oxford, itu sudah cukup mengantarkan tim berjuluk United itu melangkah ke babak final playoff EFL. Dengan begitu, Oxford tinggal selangkah lagi untuk bisa promosi dan tampil di kasta kedua sepak bola Inggris, Divisi Championship, pada musim depan.

Di partai final, Oxford bakal menghadapi Wycombe Wanderers, yang berhasil menyingkirkan Fleetwood Town dengan keunggulan agregat 6-3. Rencananya, laga final playoff EFL ini akan digelar di Stadion Wembley pada Senin 13 Juli mendatang. Pelatih Oxford United, Karl Robinson, mengakui begitu terkesan dengan perjuangan anak-anak asuhnya dalam upaya menembus final playoff EFL. 

Terlebih, pada bursa transfer pertengahan musim ini, Oxford terpaksa melepas dua pemain andalan mereka. Pun dengan sejumlah pemain yang tidak berada dalam kondisi kebugaran yang optimal. Namun, semua ini tantangan ini bisa dilewati Oxford United dengan begitu baik.

''Dengan kendala yang kami hadapi di sepanjang musim ini, mencapai partai final playoff benar-benar pencapai luar biasa. Sayangnya, kami tidak bisa merayakan pencapaian ini dengan para fans. Namun, buat tim ini, bisa berada di partai final playoff benar-benar tidak bisa dipercaya,'' kata Robinson kepada Sky Sports seusai laga kontra Portsmouth.

Apabila bisa mengalahkan Wycombe Wanderers di partai final playoff EFL, maka Oxford United akan menemani Coventry City dan Rotherham United, yang sudah lebih dulu memastikan posisi di pentas Divisi Championship musim depan. Tidak hanya itu, keberhasilan promosi ke Divisi Championship akan menjadi prestasi terbaik klub yang finish di peringkat keempat klasemen akhir League One musim ini tersebut dalam satu dekade terakhir. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement