Selasa 07 Jul 2020 17:29 WIB

Martinez Puji Pendekatan Arteta dalam Tangani Arsenal

Martinez mulai mendapatkan kepercayaan untuk mengisi pos penjaga gawang.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Mikel Arteta
Foto: EPA-EFE/Facundo Arrizabalaga
Mikel Arteta

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sejak Mikel Arteta resmi menukangi Arsenal pada Desember silam, performa The Gunners terbukti terus mengalami peningkatan. Tercatat, tim asal London Utara itu mengemas tujuh kemenangan dalam 13 laga terakhir di pentas Liga Primer Inggris. Posisi The Gunners pun terus merangkak dari posisi ke-11 pada akhir Desember silam hingga kini berada di peringkat ketujuh klasemen sementara.

Meski sempat menelan dua kekalahan dalam tiga laga awal pasca bergulirnya Liga Primer Inggris musim ini, tapi Arsenal mampu bangkit dengan torehan kemenangan beruntun di tiga laga terakhir. Kemenangan ini termasuk keberhasilan memetik di kandang Wolverhampton Wanderers lewat kemenangan, 2-0, akhir pekan lalu. 

Penjaga gawang Arsenal, Emiliano Martinez, pun membeberkan rahasia kesuksesan Arteta dalam mengangkat performa The Gunners. Menurut kiper berusia 27 tahun itu, mantan asisten pelatih Pep Guardiola di Manchester City itu memiliki ketegasan dan memiliki tuntutan yang tinggi terhadap para penggawa The Gunners. Pendekatan Arteta ini pun dipuji oleh Martinez.

''Apakah Anda mau bekerjasama dengan dia atau tidak. Itu saja, tidak ada diskusi lagi tentang itu. Kami tahu, apabila kami ingin merumput dan tetap berada di klub ini, maka Anda harus mengikuti dia. Hal ini bagus untuk tim, karena tidak ada pemain yang merasa santai. Jika Anda santai dan tidak berlatih dengan tepat, maka dia tidak segan akan mencoret Anda,'' kata Martinez seperti dilansir Sky Sports, Selasa (7/7).

Martinez mulai mendapatkan kepercayaan untuk mengisi pos penjaga gawang The Gunners setelah cedera lutut yang dialami kiper utama Arsenal, Bernd Leno. Performa kiper asal Spanyol itu pun tidak mengecewakan. Martinez sukses mencatatkan clean sheet di tiga laga dalam empat laga terakhir The Gunners. Kesempatan itu pun menjadi ajang pembuktian Martinez.

Pasalnya, sejak dipromosikan ke tim utama The Gunners pada 2012, Martinez jarang mendapatkan menit bermain. Bahkan, Martinez kerap dipinjamkan ke klub lain dalam beberapa musim terakhir. Martinez pun bertekad untuk bisa terus bertahan sebagai pilihan utama di pos penjaga gawang The Gunners, bahkan saat Leno akhirnya bisa pulih dari cedera dan kembali tampil.

''Saya tidak akan melewatkan kesempatan ini. Saat semua penjaga gawang telah pulih dan kembali berlatih, pelatih akan kembali memiliki pilihan. Tekad saya adalah membuat pelatih memiliki pilihan yang sulit saat harus menentukan posisi di bawah mistar gawang,'' tutur Martinez.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement