Selasa 07 Jul 2020 13:00 WIB

Iqbaal: Podcast Tepat untuk Kenalkan Sastra kepada Anak Muda

Iqbaal Ramadhan jadi tokoh perkutut di sandiwara sastra cerpen karya Putu Wijaya.

Aktor Iqbaal Ramadhan terlibat dalam sandiwara sastra yang diadaptasi dari cerpen Kemerdekaan karya Putu Wijaya.
Foto: Republika/Santi Sopia
Aktor Iqbaal Ramadhan terlibat dalam sandiwara sastra yang diadaptasi dari cerpen Kemerdekaan karya Putu Wijaya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKART -- Podcast Sandiwara Sastra mulai dapat didengarkan pada 8 Juli 2020. program yang digagas Titimangsa Foundation, KawanKawan Media, dan Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemendikbud RI tersebut diharapkan dapat memikat generasi muda.

Salah satu aktor yang terlibat dalam Sandiwara Sastra, Iqbaal Ramadhan mengatakan, optimistis program ini dapat membangun ketertarikan anak muda terhadap sastra Indonesia. Apalagi, saat ini adalah zamannya podcast yang rata-rata digunakan oleh generasi muda.

Baca Juga

"Dengan adanya pengalihan wahana harusnya bisa membuat ketertarikan baru anak-anak remaja umuran aku. Reproduksi penting banget agar anak-anak enggak cuma mendengar tapi membaca dan menuliskan karya sastra," jelas Iqbaal yang mengisi suara perkutut dalam Sandiwara Sastra episode cerpen "Kemerdekaan" karya Putu Wijaya.

Sebanyak 27 aktor dan aktris terkemuka Tanah Air terlibat dalam upaya melestarikan budaya sastra Indonesia dengan ikut serta dalam Sandiwara Sastra yang disiarkan podcast @budayakita dan dapat didengarkan di Radio Republik Indonesia (RRI).

Nantinya, tiap episode baru akan tayang setiap pekan. Sandiwara Sastra merupakan alih wahana sastra dalam bentuk sandiwara audio dengan durasi 30 menit.

Disutradarai oleh Gunawan Maryanto (sutradara teater serta aktor film), Sandiwara Sastra akan dilengkapi dengan tata musik dan suara yang akan membuat karya sastra yang dialih wahanakan dapat semakin dipahami maknanya. Sandiwara Sastra tahap satu berisi alih wahana dari 10 karya sastra, yakni adaptasi dari novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari, Helen dan Sukanta karya Pidi Baiq, cerpen "Kemerdekaan" karya Putu Wijaya, cerpen "Mencari Herman" karya Dewi Lestari, cerpen "Berita dari Kebayoran" karya Pramoedya Ananta Toer, dan adaptasi novel Lalita karya Ayu Utami.

Aktor dan aktris yang terlibat dalam Sandiwara Sastra ini di antaranya adalah Marsha Timothy, Vino G. Bastian, Nicholas Saputra, Reza Rahadian, Happy Salma, Lukman Sardi, Iqbaal Ramadhan, Adinia Wirasti, dan Arswendy Bening Swara. Pevita Pearce, Ario Bayu, Widi Mulia, Jefri Nichol, Lulu Tobing, Oka Antara, Najwa Shihab, Mathias Muchus, Chicco Jerikho, dan Chelsea Islan juga ikut serta.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement