Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Wilayah Transmisi Lokal Covid-19 di Sumsel Meluas

Senin 06 Jul 2020 23:50 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Petugas medis menangani pasien diduga terjangkit corona (ilustrasi).

Petugas medis menangani pasien diduga terjangkit corona (ilustrasi).

Foto: Antara/Oky Lukmansyah
Transmisi lokal penularan Covid-19 di Sumsel meluas ke tiga kabupaten baru.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Wilayah dengan transmisi lokal penularan Covid-19 di Provinsi Sumatra Selatan terus meluas ke tiga kabupaten baru yang semakin banyak menyumbangkan kasus-kasus positif baru setiap hari. Tiga wilayah tersebut adalah Kabupaten Muara Enim, Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), dan Ogan Ilir.

Laporan itu berdasarkan peta Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumsel, Senin (6/7). "Tiga wilayah itu banyak kluster-kluster keluarga, jadi penularanya juga sebenarnya masih antarkeluarga," ujar Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumsel Yusri, SKM MKM di Palembang, Senin (6/7).

Menurut dia, kelompok keluarga memang umum menjadi sumber penularan, sehingga ia mengimbau jika terdapat keluarga yang mengalami gangguan napas dan diawali demam, batuk serta sakit tenggorokan agar segera ditangani dokter.

Langkah tersebut untuk mendiagnosis kemungkinan adanya virus Covid-19 di dalam tubuh agar pencegahan Covid-19 lebih maksimal.

Selain itu, perlu ditekankan pentingnya menggunakan masker dan menjaga jarak saat berinteraksi di dalam rumah, terutama jika terdapat orang tua lanjut usia atau balita yang imunitas tubuhnya rentan terhadap Covid-19.

Meski wilayah transmisi lokal terus meluas, GTPP Sumsel tidak merekomendasikan daerah-daerah tetangganya menutup pintu perbatasan yang diakses warga dalam mobilisasi kegiatan sehari-hari.

"Tidak perlu (tutup perbatasan), yang penting patuhi saja protokol kesehatan supaya aktifitas tetap lancar tapi aman," tambahnya.

Selain PALI, Muara Enim, dan OI sudah ada lima wilayah transmisi lokal sebelumnya, yakni Kota Palembang, Prabumulih, Lubuklinggau, Banyuasin, dan OKU.

Kedelapan daerah itu secara geografis memang saling bertetangga, dimulai dari Banyuasin di sisi paling timur Sumsel hingga Muara Enim di sisi paling barat Sumsel.

Sementara kasus konfirmasi positif Covid-19 di Sumsel pada 6 Juli kembali bertambah 71 orang, kasus sembuh bertambah 14 orang dan kasus meninggal bertambah dua orang.

"Total kasus positif di Sumsel saat ini berjumlah 2.362 orang, 1.183 kasus sudah sembuh dan 107 kasus meninggal dunia, maka tersisa 1.036 kasus aktif," kata Yusri.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA