Selasa 07 Jul 2020 05:25 WIB

5 Cara Agar Ibadah tak Lagi Dianggap Beban

Jadikan ibadah sebagai bentuk kebutuhan pribadi.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Ani Nursalikah
5 Cara Agar Ibadah tak Lagi Dianggap Beban. Sejumlah santri beraktivitas usai shalat Zhuhur di Pondok Pesantren An Nuqthah, Kota Tangerang, Banten.
Foto: Antara/Fauzan
5 Cara Agar Ibadah tak Lagi Dianggap Beban. Sejumlah santri beraktivitas usai shalat Zhuhur di Pondok Pesantren An Nuqthah, Kota Tangerang, Banten.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tuntutan yang banyak, seringkali membuat kita menghabiskan energi untuk pekerjaan duniawi. Aktivitas yang banyak itu seringkali membuat kita merasa lelah dan tidak memiliki waktu beribadah.

Padahal, ibadah adalah suatu kewajiban bagi hamba-Nya sekaligus momentum untuk berkomunikasi dengan Sang Pencipta. Melansir About Islam, Senin (6/7), berikut lima cara agar ibadah tak lagi dianggap sebagai beban. 

Baca Juga

1. Jadikan ibadah sebagai penyemangat

Hal pertama yang harus diubah adalah pola pikir kita. Jika selama ini ibadah dianggap sebagai beban yang memberatkan, kini jadikan ibadah sebagai penyemangat.

Jadikan ibadah, shalat lima waktu sebagai ajang mendekatkan diri dan berkomunikasi dengan Allah SWT. Ingatkan Allah SWT berfirman dalam surah Al-ankabut aya 5 yang artinya: "Bacalah apa yang telah diwahyukan kepada mu yaitu Al Quran dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan munkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamannya dari ibadah-ibadah lain). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan".

2. Belajar khusyuk

Jika kita sudah berhasil mengubah pola pikir, kita harus melatih diri agar bisa khusyuk diri. Bahkan selama ibadah, pikiran kita seringkali berlarian memikirkan ini dan itu. 

Makanya, agar ibadah menjadi penenang dan meringankan beban hidup, latihlah diri agar khusyuk. Memusatkan pikiran dan hati pada Yang Maha Kuasa.

3. Ingatlah ada bentuk ibadah lain

Cara ketiga yaitu jadikan ibadah sebagai bentuk kebutuhan pribadi, bukan sebagai kewajiban yang memberatkan dan menghalangi aktivitas di dunia. Padahal dalam Islam, ibadah tidak terbatas. Jadikan pekerjaan, belajar, mengasuh anak, memasak, dan lainnya sebagai ladang ibadah kita.

4. Ketahui batas diri

Ketika datang untuk beribadah, kita juga perlu mengetahui batasan kita. Ada ibadah wajib, sunah dan lainnya. Jika Anda ingin melakukan puasa sunah, lakukan. Namun jika itu dirasa sulit, jangan dipaksakan. 

Kenali dirimu. Ketahuilah apa yang dapat Anda lakukan untuk menjadi lebih dicintai oleh Tuhan yang Maha Pengasih. Anda tidak perlu membebani diri sendiri dengan melakukan ibadah sunnah yang menyulitkan.

5. Jangan bandingkan dengan orang lain

Agar tidak terbebani dengan ibadah, penting bagi kita  tidak selalu membandingkan diri kita dengan orang lain. Kita harus tahu kekuatan dan kelemahan kita sendiri. Karena orang lain pun memiliki kekuatan dan kelemahan yang berbeda.

Cobalah tingkatkan diri Anda secara konsisten. Tapi berbaik hatilah pada diri sendiri, kenali dirimu. Cobalah tingkatkan bacaan Alquran Anda. Jika saat ini Anda membaca satu halaman sehari, coba tingkatkan menjadi dua halaman sehari.

Lakukanlah secara bertahap dan konsisten. Semoga Allah SWT memberi kita petunjuk agar kita senantiasa dicintai oleh-Nya. Amin.

https://aboutislam.net/spirituality/how-to-not-get-burdened-with-worship/

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement