Senin 06 Jul 2020 13:25 WIB

Rayakan Ulang Tahun, Dalai Lama Rilis Album Meditasi

Dalai Lama berulang tahun ke-85

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nur Aini
Pemimpin spiritual Dalai Lama.
Foto: Ora TV
Pemimpin spiritual Dalai Lama.

REPUBLIKA.CO.ID, AUCKLAND -- Dalai Lama berulang tahun yang ke-85 pada Senin (6/7). Sebagai perayaan dari pertambahan usia tersebut, tokoh spiritual dari Tibet itu merilis album meditasi dan ajaran.

Album yang menandai ulang tahun Dalai Lama itu berjudul Inner World. Rekaman itu  dimulai dengan trek "One Of My Favorite Prayers" dan dilanjutkan dengan dia melantunkan meditasi dengan lantunan kata beriringan musik yang menyertainya.

Baca Juga

Ide tersebut muncul ketika musisi yang juga seorang siswa Dalai Lama dari Selandia Baru, Junelle Kunin, menghubunginya pada 2015. Ide tersebut secara tidak terduga ternyata disambut baik oleh Dalai lama.

"Saya pikir saya harus mencoba dan meyakinkan dia. Saat merekam dia, ya ampun saya gemetar seperti daun sebelum aku pergi ke sana" kata Kunin dalam sebuah wawancara dari rumahnya di Auckland.

Kunin melakukan rekaman awal di kediaman Dalai Lama di Dharamsala di India. Setelah kembali ke rumah, dia bekerja dengan suaminya, Abraham, dan musisi lain untuk menghasilkan musik untuk dibuatkan album lengkap tersebut.

"Ini suatu kehormatan yang luar biasa. Tapi itu luar biasa, menakutkan seperti kepercayaan dan tanggung jawab. Ini luar biasa," kata Abraham Kunin.

Pada sebuah video promosi untuk album itu, ketika ditanya mengapa dia setuju untuk ambil bagian dalam proyek tersebut, Dalai Lama menjawab "Tujuan hidup saya adalah untuk melayani sebanyak yang saya bisa." 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement