Senin 06 Jul 2020 09:36 WIB

Kota Modern dengan Konsep Ramah Lingkungan

Pengembangan dilakukan dengan memerhatikan keasrian lingkungan sekitarnya.

Kota Modern Cibinong New City.
Foto: .
Kota Modern Cibinong New City.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Kota modern yang dibangun dengan konsep ramah lingkungan kini kian marak diterapkan pengembang properti di Tanah Air. Konsep perumahan itu diintegrasikan dengan moda transportasi massal untuk memudahkan mobilitas para penghuninya.

Seperti halnya yang diterapkan pada Cibinong New City. Proyek properti ini dibangun pengembang asal Batam, Winner Group, berkolaborasi dengan Sapta Group, yang merupakan anak perusahaan PT Bumi Citra Permai Tbk, di atas lahan seluas 125 hektare.

CEO Winner Group Yusmen Liu mengatakan, Cibinong New City mengedepankan konsep kota mandiri yang berkesinambungan dan berwawasan lingkungan. Kehadirannya diharapkan bisa menjadi Central Business District (CBD) pertama di Cibinong, Kabupaten Bogor, yang mencerminkan budaya lokal dan modern.

Pengembangan akses dan infrastruktur baru akan menjadikan Cibinong sebagai pusat pertumbuhan baru di kawasan ini. "Kami tidak ragu menginvestasikan dana besar untuk proyek ini, karena di lapangan, permintaan dari konsumen terbilang cukup tinggi. Kami berkomitmen untuk menjadikan kawasan ini berperan sebagai pusat kota, juga menjadi kawasan bisnis dan keuangan,” ujar Yusmen Liu.

Proyek properti ini mengusung konsep pengembangan lingkungan 5 New Urban Resort of Living. Terdiri dari City Lake with Lake Side Trail, yakni konsep danau sebagai tangkapan air hujan yang akan dikenal sebagai Situ Front City yang dikelilingi area pejalan kaki di sepanjang sisinya. Danau menyatu dengan bangunan pencakar langit modern.

Lantas Continuous Pedestrian, yang mendukung program go green dan go healthy. Lebih dari 18 persen dari area 125 hektare dialokasikan bagi area hijau. Semua area di kawasan CBD ini dihubungkan dengan pedestrian yang ramah untuk pejalan kaki dan untuk olah raga seperti jogging track serta bersepeda.

Unsur berikutnya adalah Open Air Mall. Lifestyle entertainment sebagai lifestyle center yang berorientasi udara terbuka yang dikelilingi lingkungan yang hijau, memberikan sensasi belanja, kuliner dan hang out yang berbeda dari mal pada umumnya.

Lalu, Continuous Green Network, konsep pembangunan kawasan urban yang menggunakan komponen hijau (vegetasi) dan air sebagai dasar untuk perencanaan kota yang berkelanjutan. Aspek lingkungan, sosial dan ekonomi serta upaya menghadapi perubahan iklim global menjadi titik penekanannya.

Terakhir, Eco Park, yang diadaptasi sebagai upaya untuk pengelolaan lansekap atau taman (bagian dari ruang terbuka hijau) yang ramah lingkungan. "Ini juga bentuk efisiensi pemanfaatan sumber daya alam sebagai pusat pendidikan lingkungan bagi masyarakat," ujar Yusmen Liu.

Cibinong New City terkoneksi dengan Stadion Pakansari, salah satu stadion bertaraf internasional. Pusat bisnis dan hunian ini juga dikembangkan dengan berbasis Transit Oriented Development (TOD) karena lokasinya dekat stasiun Bojong Gede sebagai simpul transportasi (hub).

Konsep ini mendukung program pemerintah guna pemanfaatan moda transportasi massal, kereta api. "Pemerintah juga terus berupaya memperbaiki sistem dan infrastruktur moda transportasi massal ini," kata Yusmen Liu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement