Ahad 05 Jul 2020 18:41 WIB

Madrid Siap 'Banting Harga' buat Lepas Rodriguez

pencoretan Rodriguez di laga kontra Bilbao ini membuat rumor kepergian makin santer

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar
James Rodriguez
Foto: EPA/JUANJO MARTIN
James Rodriguez

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, tidak menyertakan gelandang asal Kolombia, James Rodriguez, dalam daftar pemain Los Blancos kala melawat ke markas Athletic Bilbao pada jornada ke-34 La Liga, Ahad (5/7) malam WIB.

Pencoretan nama Rodriguez di skuat Los Blancos ini kian menebalkan rumor kepergian eks gelandang FC Porto itu dari Stadion Santiago Bernabeu pada bursa musim panas mendatang.

Berbeda dari Eden Hazard, Raphael Varane and Nacho Fernandez, yang tidak disertakan Zidane di laga tersebut lantaran mengalami cedera, Rodriguez dilaporkan tidak mengalami masalah apapun terkait kondisi kebugarannya. Gelandang serang berusia 28 tahun itu terus mengikuti semua sesi latihan terakhir Los Blancos.

Alhasil, pencoretan Rodriguez di laga kontra Bilbao ini membuat rumor kepergian eks gelandang serang AS Monaco itu makin santer. Bahkan, demi bisa segera melepas Rodriguez pada bursa transfer musim panas mendatang, Madrid siap menurunkan nilai transfer top skorer Piala Dunia 2014 tersebut.

Langkah ini diambil Los Blancos demi bisa mengurangi resiko kerugian kehilangan Rodriguez tanpa mendapatkan dana hasil penjualan sama sekali. Pasalnya, kontrak Rodriguez bersama Los Blancos memang akan berakhir pada 30 Juni 2021 mendatang.

''Dengan hanya satu tahun tersisa di kontraknya, Presiden Real Madrid, Florentino Perez, terpaksa menurunkan banderol transfer Rodriguez pada bursa transfer musim panas mendatang menjadi sekitar 25 juga euro,'' tulis laporan Marca, Ahad (5/7).

Banderol transfer Rodriguez ini berkurang separuh dari tawaran yang sempat didapatkan klub lain untuk bisa merekrut Rodriguez. Pada tahun lalu, Napoli dan Atletico Madrid dikabarkan siap menebus Rodriguez dengan nilai transfer mencapai 50 juta euro.

Namun, pada saat itu, Madrid menolak tawaran tersebut lantaran dinilai terlalu kecil dibanding saat Los Blancos merekrutnya dengan banderol transfer mencapai lebih dari 60 juta euro pada 2014 silam.

Selain itu, Rodriguez sempat nyaris bergabung bersama Atletico Madrid pada awal musim ini. Namun, kepindahan itu urung terlaksana lantaran Los Blancos ogah melepas Rodriguez ke rival sekotanya tersebut. Ujungnya, Rodriguez terpaksa bertahan di skuat Los Blancos pada musim ini dan mesti rela jarang mendapatkan kesempatan tampil.

Saat Zinedine Zidane pertama kali menukangi Madrid pada 2016, Rodriguez memang secara perlahan tersingkir dari tim utama Los Blancos. Imbasnya, selama dua musim, tepatnya pada 2017/2018 dan 2018/2019, Madrid meminjamkan Rodriguez ke Bayern Muenchen.

Pun saat Zidane kembali menukangi Madrid pada pertengahan tahun lalu. Rodriguez, yang kembali dari masa peminjaman dari Muenchen pada awal musim ini, kembali menjadi penghangat bangku cadangan.

Rodriguez tercatat hanya tampil di delapan laga dari 33 laga yang telah dilakoni Madrid di pentas La Liga musim ini. Tercatat, dalam sembilan laga terakhir Madrid di La Liga, Rodriguez hanya tampil di satu laga, itu pun hanya selama 78 menit. Secara keseluruhan, Rodriguez hanya tampil di 14 laga dan mencetak satu gol dan dua assist di semua ajang pada musim ini.

Rencana Madrid untuk menurunkan banderol transfer Rodriguez ini kabarnya siap dimanfaatkan oleh sejumlah klub Eropa, terutama dari kontestan Liga Primer Inggris.

Wolverhampton Wanderers, Arsenal, Everton, dan Manchester United dikabarkan siap menampung pemain yang mengantarkan Kolombia finish di peringkat ketiga pada gelaran Copa America 2016 tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement