Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Bersepeda Jadi Hobi Baru Pelatih Persib

Ahad 05 Jul 2020 19:26 WIB

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Muhammad Akbar

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts memantau persiapan latihan Persib di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, Selasa (30/6).

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts memantau persiapan latihan Persib di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, Selasa (30/6).

Foto: Dok. Persib
bersepeda bisa mengasah mental sekaligus memberinya kebahagiaan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts telah kembali ke Kota Bandung. Sembari menantikan latihan tim, Robert mengisi kekosongan dengan hobi barunya.

Adalah bersepeda, hobi baru pelatih asal Belanda ini. Tidak tanggung-tanggung, Robert membeli sehari sebelum jalan-jalan ke daerah dataran tinggi Bandung.

"Kemarin saya beli sepeda baru untuk ini, tipe road bike dan juga sepeda terrain karena bisa dipakai ke gunung," kata Robert, Sabtu (4/7).

Robert memang tumbuh dengan sepeda. Dia menggunakannya sebagai transportasi untuk berangkat ke sekolah.

Dia pun berencana akan terus menjalani hobi barunya. Menurutnya, bersepeda bisa mengasah mental sekaligus memberinya kebahagiaan tersendiri.

"Saya akan rutin menjalaninya jika latihan libur. Ini juga bagus untuk melatih mental. Sepeda bisa dilakukan dengan santai dan beristirahat dulu," kata Robert.

Padahal, usia Robert sudah menginjak 65 tahun. Meski perjalanan menanjak dan jauh, beruntung tidak ada hal buruk terjadi padanya.

"Dalam satu jam bisa mencapai titik maksimal detak jantung. Penting bagi saya dan itu tergolong tinggi jika melihat usia saya," katanya.


Namun Robert menyebut tidak terlalu menyarankan pemainnya untuk bersepeda terlalu keras seperti melakukan perjalanan panjang dan jauh.

"Saya tidak menyarankan mereka untuk sering bersepeda di jalan raya. Mungkin hanay untuk bersenang-senang saja. Pemain tidak boleh berada di lingkungan umum seperti ini karena terlalu berbahaya," katanya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA