Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Inovasi Saat Wabah, Jebolan Amikom Ini Buka Jasa Sewa Laptop

Sabtu 04 Jul 2020 22:04 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Misbahul Munir, lulusan Jurusan Teknik Informatika Amikom Yogyakarta menciptakan peluang bisnis sewa laptop.

Misbahul Munir, lulusan Jurusan Teknik Informatika Amikom Yogyakarta menciptakan peluang bisnis sewa laptop.

Foto: Dok Istimewa
Layanan sewa latpop secara online menjadi peluang bisnis saat pandemi Covi-19.

REPUBLIKA.CO.ID,  YOGYAKARTA – Wabah Covid-19 tak menghalangi sebagian orang untuk berkreasi dan berinovasi menciptakan peluang kerja.         

Seperti yang dilakukan Misbahul Munir, lulusan Jurusan Teknik Informatika Amikom Yogyakarta yang mendirikan website sewa laptop, www.bukalaptop.com. 

Melalui web ini, Misbah melayani persewaan laptop untuk memenuhi kebutuhan instansi, lembaga, perusahaan-perusahaan besar atau kampus yang membutuhkan unit laptop dalam jumlah besar bahkan bisa mencapai 500 unit.   

Baca Juga

Untuk membuka website layanan persewaan laptop ini, Misbah tidak perlu gedung mewah. Namun cukup di kantor kecil atau basecamp-nya di Jalan Kaliurang, KM 13, Candiwinangun, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. 

Menurut Misbah, pendirian www.bukalaptop.com ini selain menangkap peluang WFH dan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) siswa dan mahasiswa, dia juga menangkap peluang bahwa Yogyakarta sebagai basis Kota Pendidikan sehingga banyak kampus yang membutuhkan unit laptop.   

"Salah satu kelebihan dari www.bukalaptop.com ini kalau bagi perusahaan-perusahaan besar adalah kita menjamin garansi servis jadi daripada beli laptop baru mending sewa karena biayanya lebih murah," tutur kata dia, dalam keterangannya Sabtu (4/7).    

Meski berbasis di Yogyakarta, persewaan laptop ini juga melayani kota-kota besar lainnya, termasuk di Bandung-Jakarta. Sebab, dia tidak bekerja sendiri, melainkan bermitra dengan perusahaan penyedia rental laptop yang lebih besar. "Jadi kami membuat webnya sehingga penyewaan laptop bisa lebih mudah," tutur pemuda asli Lamongan, Jawa Timur ini.    

Ada banyak alasan yang menyebabkan sebagian orang memilih untuk melakukan sewa laptop. Salah satunya adalah sudah banyaknya jasa sewa laptop yang murah dan terpercaya. 

Misbah pun menjelaskan sejumlah alasan banyak orang kini lebih memilih sewa laptop murah daripada beli unit baru. Alasan pertama seseorang memilih untuk sewa laptop adalah karena lupa tidak membawa laptop saat bertugas di luar kota. Hal ini sering terjadi akibat terlalu buru-buru dan terlalu banyak pikiran sehingga tidak fokus dengan barang bawaan.

"Sehingga dari pada harus membeli yang baru, pasti harganya cukup mahal, Anda bisa memilih opsi untuk menyewa laptop. Terlebih Anda bisa memilih rental laptop murah di Yogyakarta yang sudah semakin banyak dengan berbagai penawaran," tuturnya.

Alasan kedua karena memang tidak memiliki laptop atau perangkat komputer. Padahal harga laptop baru yang lebih mahal. "Sehingga bagi Anda yang memang membutuhkan perangkat laptop bisa memilih untuk menyewanya. Terlebih saat ini sudah banyak jasa rental laptop yang menawarkan harga bervariasi. Sehingga masyarakat bisa memilihnya sesuai kebutuhan," katanya. 

Hal ini biasanya dialami para pelajar atau mahasiswa yang hidupnya masih bergantung dengan kiriman orang tua sementara mereka membutuhkan laptop untuk mengerjakan berbagai tugas dan lainnya. "Dengan menyewa laptop maka dana yang dikeluarkan tidak terlalu besar dan terasa lebih praktis sehingga tidak perlu membelinya ketika belum ada dana yang cukup," paparnya.  

Misbah memberikan kiat menyewa laptop. Pertama, memilih harga sewa yang lebih terjangkau, namun dengan tetap memperhatikan penyedia jasa rental itu menawarkan sewa laptop dengan kualitas terbaik. 

Kedua, menawarkan spesifikasi tinggi. Seperti core duo, core i3, i5, dan i7. Selain itu pihak rental juga menjamin kalau barang yang disewakan ini dalam kondisi normal dan tidak ada masalah apapun. 

Ketiga, melayani persewaan laptop dalam jumlah yang besar. Ini membuktikan kalau jasa sewa tersebut sudah berusaha untuk memenuhi permintaan konsumen. "Tentunya harga yang ditawarkan juga lebih terjangkau sehingga bisa memilih jenis laptop yang sesuai dengan kebutuhan," katanya.  

Selanjutnya, menawarkan durasi waktu untuk sewa laptop. Menurut Misbah, biasanya pihak penyedia sewa laptop yang sudah terbukti dan terpercaya akan menyediakan berbagai pilihan waktu sewa laptop. Terakhir, mengantarkan laptop sesuai dengan waktunya. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA