Jumat 03 Jul 2020 20:05 WIB

Pertamina Serahkan Bantuan Peralatan Bagi Petani Jayapura

Pemberian bantuan berupa alat pertanian dan pupuk ini dalam rangka ketahanan pangan

Ilustrasi lahan pertanian di Papua. Pertamina memberikan bantuan pertanian untuk para petani di Jayapura.
Ilustrasi lahan pertanian di Papua. Pertamina memberikan bantuan pertanian untuk para petani di Jayapura.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- PT Pertamina (Persero) menyerahkan bantuan program ketahanan pangan berupa bibit, pupuk dan peralatan bina lingkungan bagi 300 petani di kawasan Kampung Mambai, Pasir VI-Angkasa Distrik Jayapura Utara.

Edi Mangun Manajer Unit Komunikasi, Hubungan Masyarakat dan Tanggung Jawab Sosial PT Pertamina (Persero) MOR VIII di Jayapura, Jumat (3/7), mengatakan pemberian bantuan berupa alat pertanian dan pupuk ini dalam rangka ketahanan pangan lokal secara mandiri.

Baca Juga

"Bantuan ini pun dalam rangka menyikapi permasalahan di tengah pandemi Covid-19 di mana ketahanan pangan mulai menurun," katanya.

Menurut Edi, ada kekhawatiran bersama ketika sentra pertanian di Jawa produksinya menurun maka bukan tidak mungkin akan menyimpannya untuk kepentingan masyarakat setempat. "Sehingga langkah yang diambil pemilik hak ulayat untuk menggarap lahannya dan digunakan untuk bertani serta meminta partisipasi dari Pertamina guna membantu sudahlah tepat," ujarnya.

 

Senada dengan Edi Mangun, Daniel Toto Ondoafi Pasi VI Gunung mengatakan bantuan ini diharapkan dapat memberikan motivasi bagi masyarakat untuk berkebun di kondisi lahan yang sulit diolah. "Kami bersyukur pihak Pertamina telah terlibat secara aktif berkontribusi untuk memberikan bantuan alat pertanian bagi masyarakat di Pasir VI," katanya.

Sementara itu, Erens Jikwa Ketua Kelompok Tani Corona mengatakan pihaknya bersyukur telah dibantu Pertamina dan Koramil 1701-02/Jayapura Utara untuk mengolah lahannya di tengah pandemi Covid-19.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement