Jumat 03 Jul 2020 17:18 WIB

4.825 Korban Banjir Sambas Dapat Bantuan Beras

Banjir menyebabkan warga di tiga kecematan tak bisa beraktivitas seperti biasa.

Banjir (ilustrasi).
Foto: Antara/Rahmad
Banjir (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PONTINAK -- Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Peternakan, dan Kesehatan Hewan Kalimantan Barat, Muhammad Munsif menyerahkan 13,5 ton beras kepada korban banjir di Kabupaten Sambas. Bantuan itu akan disalurkan pada 4.825 korban yang tersebar di tiga kecamatan.        

"Bantuan beras dari Gubernur Kalbar ini merupakan cadangan Pangan Pemprov Kalbar yang kita serahkan langsung kepada Bupati Sambas dan selanjutnya diserahkan kepada camat dan dari camat menyalurkannya langsung kepada warga yang menjadi korban banjir melalui kades," katanya di Sambas, Jumat (3/7).

                               

Berdasarkan data, tujuh desa di tiga kecamatan terkena dampak banjir yang cukup parah. Masyarakat setempat tidak bisa beraktivitas seperti biasanya, sedangkan sejumlah lahan pertanian tergenang banjir.

                               

Sebanyak tujuh desa tersebut, antara lain Tebas Sungai, Serindang, dan Seberkat di KecamatanTebas, Desa Rantau Panjang, Sebawi, dan Tebing Hulu di Kecamatan Sebawi, serta Desa Sabung di Kecamatan Subah. "Kita berharap agar bantuan ini bisa dimanfaatkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pangan mereka dan kita berdoa agar banjir ini bisa cepat surut," katanya.         

Anggota DPRD Kabupaten Sambas, Hapsak Setiawan mengatakan, terdapat sejumlah desa di daerah itu yang terendam banjir. Yang terparah terjadi di tujuh desa di tiga kecamatan.

                               

"Ketinggian sekitar satu meter terjadi di daerah Trans SP 1, Desa Sabung, Kabupaten Sambas, dipicu hujan deras," katanya.

                               

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement