Jumat 03 Jul 2020 14:50 WIB

Patut Ditiru! ini 7 Kebiasaan Hemat Ala Keluarga Kerajaan Inggris

Bagi Anda yang saat ini masih belum bisa hidup hemat, tak ada salahnya belajar menerapkan kebiasaan hemat dari keluarga kerajaan Inggris seperti berikut ini.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Cermati

Menerapkan gaya hidup hemat dalam kehidupan memang sudah dilakukan oleh banyak orang. Bahkan hingga kerajaan Inggris sekalipun. Pada silsilah the royal family, pangeran Charles dan keluarganya dikenal sebagai pribadi yang menerapkan gaya hidup hemat. 

Ayah dari pangeran William dan Harry ini mengajarkan kepada setiap orang untuk selalu hidup hemat walaupun memiliki harta yang berlimpah. 

Bagi Anda yang hingga saat ini belum bisa hidup hemat, tak ada salahnya mencoba beberapa kebiasaan-kebiasaan yang keluarga kerajaan Inggris lakukan dalam hidup hemat.

Simak ulasannya berikut ini, seperti yang dirangkum Cermati.com dari berbagai sumber.

 

 

1. Tidak Malu Pakai Pakaian yang Lama

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Duke and Duchess of Cambridge (@kensingtonroyal) on

Meskipun menjadi pusat perhatian dunia, kerap kali sering melihat mereka tidak malu untuk menggunakan pakaian yang lama untuk tampil di depan umum. Hal ini mengajarkan untuk tidak sering belanja baju baru apabila pakaian lama  masih dalam kondisi yang bagus 

Terkadang hasrat untuk membeli banyak pakaian baru muncul karena ego atau tuntutan sosial. Tentu hal ini tidak baik karena bisa mengakibatkan pemborosan. Contohlah Ratu Elizabeth dan Kate Middleton yang tetap santai mengenakan busana yang sama bahkan untuk banyak acara resmi.

2. Coba Beli Pakaian dari Brand Lokal

Istri pangeran Harry ini sering terlihat bepergian menggunakan berbagai pakaian dari brand-brand lokal di Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Anda juga bisa melakukan hal ini ya. Selain secara kualitas brand lokal tidak kalah dengan brand-brand luar, harganya juga tentu lebih terjangkau.

Baca Juga: Daftar Belanja yang Tepat Bisa Bikin Belanja Lebih Hemat

3. Atur Makanan yang Irit tapi Sehat 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Duke and Duchess of Cambridge (@kensingtonroyal) on

Penghematan yang bisa Anda lakukan adalah dengan makanan yang irit namun tetap memperhatikan gizi yang terkandung dalam makanan tersebut. Perlu Anda ketahui, sarapan Ratu Elizabeth ternyata cuma semangkuk sereal dengan susu dan dicampur dengan buah. Cukup hemat bukan? 

Anda juga bisa kok, membeli 1 bungkus sereal, susu, dan buah-buahan di pasar swalayan atau tradisional untuk sarapan setiap hari. Selain lebih hemat, Anda juga bisa lebih sehat. Tidak hanya itu keluarga kerajaan juga dikenal irit makanan dengan memiliki kebiasaan memasak sendiri dan jarang makan di luar.

Dengan memasak sendiri, Anda bisa menggunakan bahan baku dengan harga murah. Selain itu, bahan-bahan makanan tersebut bisa dibuatkan menu lain untuk hari berikutnya.

4. Tidak Membuang Makanan

Untuk Anda yang sering buang-buang makanan, sepertinya perlu mencontoh keluarga kerajaan yang tidak malu untuk makan makan sisa. Makanan sisa disini tentu saja hasil masakan yang masih enak dan bisa dimakan kembali ya. 

Apabila Anda membeli atau memasak makanan berlebih, cobalah untuk menyimpan sisanya apabila makanan tersebut bisa diawetkan atau dimakan kembali. Dengan cara ini, Anda juga cukup menyiapkan makanan sekali saja dalam sehari dan bisa memakannya kembali saat malam atau esok hari.

Baca Juga: Bagi Pasangan Muda, Inilah Cara yang Benar saat Mengelola Keuangan

5. Bepergian dengan Kendaraan Kelas Ekonomi

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Duke and Duchess of Cambridge (@kensingtonroyal) on

Tidak perlu malu bepergian dengan kendaraan kelas ekonomi. Toh keluarga kerajaan seperti pangeran Harry juga melakukannya kok. Untuk berhemat, biasakan diri untuk belajar menggunakan kendaraan kelas ekonomi saat bepergian. Selain lebih hemat, berbagai kendaraan seperti bus atau pesawat di kelas ekonomi juga sudah memiliki fasilitas yang nyaman yang tidak kalah dengan kelas bisnis atau eksekutif.

6. Coba Memperbaiki Sebelum Beli Baru

Punya barang rusak di rumah? Apakah sudah coba memperbaikinya? Bisa jadi barang tersebut bisa diperbaiki dan tidak perlu diganti baru. Ratu Elizabeth sendiri juga terkenal dengan kebiasaan memperbaiki sendiri pakaian yang ia kenakan apabila masih bisa dilakukan. 

Dalam kehidupan kita, cobalah untuk memperbaiki barang yang rusak sebelum memikirkan untuk beli baru. Bisa saja biaya perbaikannya tidak terlalu mahal atau perbaikannya mudah sehingga kita tidak perlu mengganti barang tersebut.

7. Melakukan Daur Ulang dan Membuat Sendiri

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Duke and Duchess of Cambridge (@kensingtonroyal) on

Senada dengan poin sebelumnya, Anda juga bisa menggunakan kembali barang-barang bekas yang tergeletak di rumah untuk hal-hal lain. Melakukan daur ulang adalah contoh usaha penghematan yang sering luput dilakukan banyak orang. Biasakan diri untuk menggunakan atau membuat sendiri berbagai barang yang bisa dimanfaatkan di rumah. 

Contohnya, Anda bisa menggunakan container shampoo bekas untuk dijadikan penyimpanan dengan cara membelahnya menjadi dua. Selain itu, juga bisa membuat kerajinan atau perabotan dari botol-botol bekas.

Berkecukupan Itu Boleh, Tapi Hidup Hemat Itu Harus

Meskipun memiliki kondisi keuangan yang cukup, bukan berarti kita harus hidup boros dan mengeluarkan uang seenaknya. Selalu menerapkan gaya hidup hemat bisa menjadi kebahagiaan tersendiri. Selain tidak membuat hidup ribet karena menambah barang terus, Anda juga bisa mengalokasikan uangnya untuk hal lain yang lebih bermanfaat, seperti menabung, menyiapkan dana darurat, asuransi hingga investasi.

Baca Juga: 20 Cara Mudah Hemat Uang

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement