Jumat 03 Jul 2020 13:07 WIB

Gubernur Kalifornia Minta Warga Pakai Masker

Di sejumlah wilayah di Kalifornia, angka kasus infeksi virus corona meningkat tajam

Rep: Lintar Satria/ Red: Christiyaningsih
Pejalan kaki mengenakan masker saat mengunjungi pasar. Di sejumlah wilayah di Kalifornia, angka kasus infeksi virus corona meningkat tajam. Ilustrasi.
Foto: AP/Leo Correa
Pejalan kaki mengenakan masker saat mengunjungi pasar. Di sejumlah wilayah di Kalifornia, angka kasus infeksi virus corona meningkat tajam. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, SACRAMENTO -- Gubernur Kalifornia Gavin Newsom meminta warganya untuk menjadi 'malaikat yang lebih baik' dan menggunakan akal sehat dengan memakai masker. Ia juga meminta masyarakat untuk tidak merayakan hari libur akhir pekan bersama keluarga dan teman.

Hal ini diamini pejabat-pejabat lokal yang sebelumnya berselisih dengan Newsom mengenai perintah penanggulangan virusnya. Di sejumlah wilayah di Kalifornia, angka kasus infeksi virus corona dan pasien yang masuk rumah sakit meningkat tajam.

Baca Juga

Dalam konferensi pers Newsom berulang kali ditekan mengenai apakah negara bagiannya sudah cukup agresif dalam menegakkan peraturan yang ia keluarkan untuk memutus rantai penularan virus corona. Terutama perintah untuk memakai masker di ruang publik yang diberlakukan dua pekan lalu.

Sebelumnya Newsom mengatakan ia sudah membentuk tim regulator yang akan mengenakan denda atau gugatan hukum kepada pengusaha yang tidak mematuhi peraturan pemakaian masker atau peraturan lain seperti jagak jarak atau kebersihan. Pihak berwenang negara bagian juga mengirimkan surat pada sekitar 350 ribu pengusaha.

Dalam surat tersebut pihak berwenang memperingatkan para pengusaha apabila mereka tidak mematuhi perintah gubernur maka akan didenda atau gugatan hukum. Tapi Newsom mengakui pihak berwenang dapat menegakan hukum selama di lingkungan bisnis.

"Kami tidak akan mendatangi halaman belakang orang dan memaksakannya. Kami hanya mendorong masyarakat untuk menjaga keamanan, memikirkan diri mereka sendiri dan orang lain," kata Newsom, Jumat (3/7).

Pejabat kesehatan Kalifornia, Mark Ghaly, mengatakan liburan akhir pekan yang panjang adalah 'masalah penting' yang perlu dihadapi untuk menahan laju penyebaran virus. Ia meminta masyarakat berperilaku berbeda dalam Hari Kemerdekaan tahun ini. Pihak berwenang mengatakan perilaku masyarakat membantu mendorong kenaikan jumlah kasus infeksi baru-baru ini. 

"Sekali lagi warga Kalifornia memperhatikan apa yang telah terjadi selama beberapa bulan terakhir dan sekarang menetapkan keputusan yang berbeda," kata Ghaly.

Pejabat-pejabat daerah di seluruh Negara Bagian Kalifornia menyampaikan perkataan gubernur tentang pentingnya tanggung jawab pribadi. Tapi mereka juga mengambil tindakan nyata.

Pantai dan taman-taman di negara bagian itu ditutup atau aksesnya dibatasi. Pertunjukan kembang api di seluruh negara bagian dibatasi. Pejabat daerah di West Hollywood, Santa Monica, dan Monterey mengatakan mereka siap memberikan denda pada warga yang menolak menggunakan masker.

Seorang warga Coco Cocozzella yang mengenakan masker warna hitam mengatakan masker 'sedikit sakit' tapi ia tidak keberatan pemerintah negara bagian mewajibkannya memakainya. Cocozzella menambahkan di rumah ia meletakkan maskernya bersebelahan dengan kunci sehingga ia tidak lupa mengenakannya saat keluar rumah.

Menurutnya denda terlalu berlebihan tapi orang yang tidak memakainya harus 'diberhentikan dan diperingatkan'. "Anda harus sedikit takut," katanya.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement