Jumat 03 Jul 2020 04:29 WIB

Sebagai Warisan Bangsa, Olahraga Tradisional Harus Bertahan

Pencak silat ditargetkan bisa masuk Olimpiade.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pencak silat.
Foto: Antara/R. Rekotomo
Pencak silat.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali berharap para pengelola olahraga tradisional di pemerintahan dan kelompok masyarakat terus mengembangkan olahraga tradisional. Menurut dia, ini telah menjadi warisan budaya bangsa ke semua masyarakat, khususnya di kalangan anak muda. 

"Tantangan kita adalah bagaimana kita bersama menggerakkan dan meyakinkan masyarakat kita khususnya kaum milenial untuk tahu dan mencintai olahraga tradisional kita sendiri," ujar Menpora dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Kamis  (2/7).

Menpora mencontohkan, beberapa negara yang memiliki cabang olahraga tradisional telah mempertandingkan olahraga tradisionalnya ke level regional dan internasional."Olahraga tradisional yang menjadi milik dan warisan kita harus bisa dikembangkan terus menerus dan yang terpenting bagaimana generasi muda kita mencintai dan menyukainya jangan sampai olahraga tradisional kita tinggal kenangan," ujar dia.

Ia menyampaikan, sudah berpesan kepada para duta besar yang berkunjung ke Kemenpora untuk memasyarakatkan, mengkampanyekan dan mempromosikan olahraga tradisional khususnya Pencak Silat di berbagai negara. 

"Target kita adalah cabang ini dapat dipertandingkan di Asian Games hingga Olimpiade saat kita mengikuti bidding tuan rumah Olimpiade 2032 mendatang," kata Menpora.

"Saya berharap melalui Webinar ini akan menghasilkan rekomendasi-rekomendasi penting yang bisa ditindaklanjuti karena menjadi tanggungjawab kita semua untuk mengembangkan olahraga tradisional agar tidak hilang dan menjadi kenangan dan sejarah," tambah dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement