Kamis 02 Jul 2020 16:34 WIB

Balasan Kontan untuk Penampar Jenazah Utsman bin Affan

Jenazah Utsman bin Affan pernah ditampar orang yang tak bertanggungjawab.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Jenazah Utsman bin Affan pernah ditampar orang yang tak bertanggungjawab.(ilustrasi) utsman bin affan
Foto: tangkapan layar wikipedia
Jenazah Utsman bin Affan pernah ditampar orang yang tak bertanggungjawab.(ilustrasi) utsman bin affan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Terdapat seseorang yang pernah menampar jenazah Utsman bin Affan RA. 

Sebagaimanana dikutip dari buku Inilah Faktanya karya Utsman bin Muhammad al-Khamis, pelaku tersebut berpura-pura ingin menshalati jenazah Utsman, namun ternyata ia ingin menamparnya.

Baca Juga

Diriwayatkan dari Muhammad bin Sirin, dia mengisahkan, "Ketika itu aku sedang melakukan thawaf di Ka'bah. Tiba-tiba, aku melihat seorang laki-laki berkata, 'Ya Allah, ampunilah aku. Tapi aku kira Engkau tidak sudi mengampuniku'. 

Aku pun terheran-heran dengan orang ini. Aku kemudian bertanya kepadanya, 'Wahai hamba Allah SWT, aku tidak pernah mendengar orang berdoa seperti yang engkau katakan'.

Orang itu mengatakan, 'Aku pernah berjanji kepada Allah, jika suatu saat ada kesempatan, niscaya aku akan menampar Utsman. Ketika Utsman terbunuh, jenazahnya diletakkan di tempat tidur di rumahnya sendiri.

Orang-orang pun berdatangan untuk mensholatinya di situ. Aku datang pura-pura ingin melakukan sholat jenazah. Ketika aku melihat bahwa kondisi rumah itu sudah sepi, aku pun membuka penutup wajahnya, kemudian aku menampar jenazahnya.

Setelah itu, tanganku tiba-tiba mengeras'. Dan aku melihat sendiri tangannya keras seperti sebatang kayu." Riwayat ini sebagiman dinukilkn dari kitab Al Bidayah wan Nihayah karya Ibnu Katsir. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement