Kamis 02 Jul 2020 02:57 WIB

Kylie Cosmetics Dituduh Bocorkan Rahasia Dagang

Kylie Cosmetics milik Kylie Jenner dituduh bocorkan rahasia mitra dagangnya.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Merek kosmetik Kyle Jenner, Kylie Cosmetics, dituduh sengaja membocorkan rahasia dagang mitra, Seed, kepada pesaing, raksasa kecantikan, Coty (Foto: Kylie Jenner)
Foto: EPA
Merek kosmetik Kyle Jenner, Kylie Cosmetics, dituduh sengaja membocorkan rahasia dagang mitra, Seed, kepada pesaing, raksasa kecantikan, Coty (Foto: Kylie Jenner)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Merek kosmetik Kyle Jenner, Kylie Cosmetics, dituduh sengaja membocorkan rahasia dagang mitra, Seed, kepada pesaing, raksasa kecantikan, Coty. Gugatan sipil, yang diajukan 30 Juni oleh Seed  di pengadilan tinggi California itu menuduh Kylie Cosmetics secara sadar berbagi rahasia dagang Seed Beauty dan Coty juga menerimanya dengan sadar. Rahasia itu termasuk informasi tentang formulasi produk, operasi inti bisnis dan struktur kemitraannya.

"Coty melakukan investasi 600 juta dolar AS di King Kylie, tapi dengan tujuan mempelajari metodologi bisnis rahasia Seed," klaim gugatan itu, dilansir Forbes, Rabu (1/7).

Baca Juga

Menurut tuduhan, setiap pesaing yang memperoleh informasi itu adalah tidak sah. Seed mengklaim telah meminta Kylie Cosmetics melakukan negosiasi dengan Coty pada Juni 2019. Seed meminta Kylie tidak berbagi bagian tertentu dari perjanjian Seed-Kylie Cosmetics.

Namun, menurut gugatan itu, Jenner dan timnya menolak untuk mengkonfirmasi atau menyangkal apakah mereka telah berbagi informasi rahasia atau tidak. Jenner menjual 51 persen saham Kylie Cosmetics ke Coty dengan harga 600 juta dolar AS dalam kesepakatan yang ditutup pada Januari. Sejak saat itu, perusahaan telah memberikan paparan luas kepada Coty, termasuk rahasia dagang Seed.

Kaim tersebut menambahkan bahwa informasi tersebut akan menjadi pelanggaran hak kekayaan intelektual. Gugatan itu juga menjelaskan agar Coty tidak meminta, atau menggunakan rahasia dagang yang diperoleh. Tetapi Coty menolak menerima peringatan tersebut.

Akhirnya, Seed pun menempuh jalur hukum. Diharapkan putusan pengadilan bisa melarang Kylie Cosmetics mengungkapkan rahasia dagang Seed dan memaksa Coty tidak menggunakan informasi apa pun yang telah diterimanya.

Sebelumnya pada 19 Juni, Seed mengajukan gugatan terhadap KKW Beauty untuk mencari perlindungan atas rahasia dagangnya. Gugatan diajukan dengan harapan Coty berada di ambang membeli saham di KKW Beauty.

KKW Beauty mengajukan penentangan terhadap gugatan tersebut dan mengklaim tindakan hukum Seed adalah "upaya untuk meredam keberhasilan keluarga Kardashian-Jenner" dan menyatakan bahwa KKW Beauty tidak berbagi rahasia dagang dengan Coty. KKW Beauty meminta agar pengadilan melakukan arbitrase.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement