Kamis 02 Jul 2020 02:10 WIB

Limbah Busa Deterjen BKT Duren Sawit, Warga: Seperti Salju

Warga tampak menikmati pemandangan limbah busa deterjen yang serupa salju di BKT.

Aliran Kanal Banjir Timur (KBT) yang permukaannya dipenuhi limbah busa di Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin (29/6/2020).
Foto: ANTARA Fakhri Hermansyah
Aliran Kanal Banjir Timur (KBT) yang permukaannya dipenuhi limbah busa di Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin (29/6/2020).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah warga menikmati pemandangan limbah busa deterjen yang menyerupai salju di aliran sungai Banjir Kanal Timur (BKT), Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu malam. Meskipun limbah tersebut mengeluarkan aroma yang tidak sedap, namun sejumlah warga tampak menikmati suasana malam di bantaran sungai BKT.

"Jarang-jarang juga lihat pemandangan seperti salju begini. Sekadar foto-foto aja sih," ujar Rayyan (25) warga Duren Sawit, di Jakarta.

Baca Juga

Karyawan salah satu perusahaan kredit kendaraan di Jakarta itu melepas lelah usai menyebar brosur produk kepada sejumlah pengunjung di BKT. Kehadiran warga tampak difasilitasi sejumlah tikar di sekitar bantaran sungai oleh pedagang asongan.

"Memang biasanya saya bawa tikar untuk yang beli kopi di tempat saya," kata Kasno (40), pedagang kopi.

photo
Aliran Kanal Banjir Timur (KBT) yang permukaannya dipenuhi limbah busa di Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin (29/6/2020).  - (ANTARA/Fakhri Hermansyah)

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih menjelaskan, gumpalan busa putih di permukaan air Sungai Banjir Kanal Timur (BKT) terjadi karena endapan detergen limbah rumah tangga yang terangkat turbulensi arus.

"Fenomena turbulensi aliran akibat ketinggian yang berbeda dari sisi yang berlawanan dan dipicu oleh penutupan Pintu Air Weir 1 Malaka Sari," katanya di Jakarta, Ahad (28/6).

Busa itu muncul di sekitar Pintu Air BKT WEIR - 1 Malaka Sari, Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Gumpalan busa itu menyerupai salju itu telah ditindaklanjuti jajaran Dinas LH DKI Jakarta sejak Sabtu (27/6). Namun, hingga Rabu malam busa tersebut terus bermunculan meskipun proses pembukaan pintu air telah dihentikan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement