Rabu 01 Jul 2020 15:47 WIB

4 Cara Kulit Tetap Sehat Saat Musim Panas

Usai beraktivitas di luar ruangan, cuci tangan dengan sabun dan mandi air hangat.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Kulit tubuh. Ilustrasi
Foto: Sciencealert
Kulit tubuh. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musim panas kali ini cukup berbeda karena masih ada pembatasan untuk berlibur dan bepergian. Namun bukan berarti kesehatan kulit tidak perlu dijaga.

Pakar dermatologi menyarankan empat tips berikut saat berkegiatan di luar ruangan di musim panas, seperti dikutip dari laman Pasadena Now, Rabu (1/7).

1. Aktivitas di tempat aman.

Bersenang-senang di bawah sinar matahari adalah tujuan utama kegiatan musim panas, tapi jangan sampai melupakan aspek keselamatan dan kesehatan. Pastikan tempat luar ruang seperti taman sekitar rumah, kebun, atau halaman belakang, aman untuk menghabiskan waktu.

Jika beraktivitas bersama anak, selalu awasi agar tidak berada di dekat benda-benda yang bisa memicu bahaya. Selama fase terik sinar matahari sekitar pukul 10.00 sampai pukul 14.00, pastikan ada jeda untuk minum atau selingi dengan rehat sejenak di tempat teduh.

2. Buat proteksi jadi menyenangkan.

Memakai tabir surya sebagai proteksi kulit merupakan hal penting. Produk yang direkomendasikan adalah tabir surya SPF 50, serta tahan air sehingga bisa digunakan saat berenang. Buat proteksi jadi menyenangkan dengan mengajak anak bermain saat aplikasinya.

3. Selalu sedia peralatan penting.

Ada berbagai risiko saat bermain di musim panas, mulai dari tergores, digigit serangga, sampai kulit terbakar. Sediakan peralatan penting seperti P3K yang mudah diakses, seperti salep antibiotik, pinset, kain kasa, dan lotion pengusir serangga.

4. Rutinitas usai bermain.

Setelah selesai bermain sepanjang hari di luar ruangan, pastikan semua anggota keluarga melakukan rutinitas penting. Mencuci tangan dengan sabun dan mandi air hangat adalah hal wajib, baru dilanjutkan dengan beristirahat.

Rutinitas ini akan menghilangkan kuman dan membantu menenangkan kulit setelah seharian terpapar sinar matahari bercampur kotoran dan keringat yang menempel. Gunakan produk pembersih badan yang lembut dan pakai pelembap ke seluruh tubuh setelahnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement