Rabu 01 Jul 2020 14:28 WIB

3 Cara Berpikir Menjawab Pertentangan Sains dan Agama

Terdapat tiga cara berpikir menghadapi benturan antara sains dan agama.

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Terdapat tiga cara berpikir menghadapi benturan antara sains dan agama. Ilustrasi sains dan agama.
Foto: Wordpress.com
Terdapat tiga cara berpikir menghadapi benturan antara sains dan agama. Ilustrasi sains dan agama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –  Anke von Kugelgen merupakan seorang profesor studi Islam dan juga menghasilkan banyak publikasi salah satunya "Sains, Filsafat dan Agama, Posisi- Posisi Kritis terhadap agama pada 1900". 

Dia juga akademisi  pakar berbahasa Jerman yang memiliki minat dalam filsafat kontemporer dari dunia Islam. Dilansir dari Qantara, pada 22 September 2017, terjadi perdebatan tentang hubungan antara rasional, ilmiah, sosiologis, dan agama. Pemahaman mistis tentang dunia telah berkecamuk selama 200 tahun terakhir. Anke von Kugelgen menunjukkan arus perdebatan tersebut dalam bukunya.  

Baca Juga

Anke von Kugelgen mengatakan, ada tiga cara berpikir ketika melihat serangan yang dilakukan sains ke dalam agama, yakni teori konflik, di mana penemuan-penemuan ilmiah baru telah menyebabkan kritik radikal terhadap agama.

Mereka memandang Allah SWT sebagai sesuatu yang manusia ciptakan menurut gambarnya sendiri. Dengan menggunakan Alquran dan hadits, mereka melontarkan pertanyaan kepada umat Muslim tentang bagaimana Allah yang Maha Pengasih, tapi penuh dendam sehingga menciptakan neraka yang kekal.  

Sementara kedua, teori harmoni tidak melihat kontradiksi antara sains dan agama. Alquran juga mencakup fenomena zaman akhir, seperti mikroba atau demokrasi. Di mana ketika terjadi konflik, manusia harus menggunakan akalnya (karena itulah Allah menciptakan akal pada manusia) dan tidak hanya berpegang teguh pada Alquran.

Kemudian, ada teori ketiga otonomi, yang menyatakan bahwa sains dan agama memiliki wilayah masing-masing dan memiliki wewenangnya sendiri.

Von Kugelgen mengutip para pendukung pandangan dunia yang sangat luas ini, seperti Farah Antun, dari 1902 yang menyatakan, "Agama-agama ditahbiskan (oleh Tuhan) untuk memerintah dunia berikutnya, bukan yang saat ini. Dan, siapa pun yang menggunakan mereka untuk memerintah dunia ini pasti akan gagal, meskipun dia mungkin berhasil pada awalnya."  

Dalam perjalanan perdebatan ini selama abad ke-19 dan ke-20, teks-teks sentral filsafat Eropa diterjemahkan dan dikomentari. Kant, Nietzsche, Darwin, Simon, Tolstoy, Spinoza, Heidegger, Marcuse, Russell, Popper, Derrida, Foucault dan Habermas. 

Mereka semua diadopsi dan telah menjadi figur pelopor yang penting dalam filosofi dunia Timur Tengah. Ada setidaknya 58 terjemahan Heidegger ke dalam bahasa Arab sejak 1990.  

Sebaliknya, hampir tidak ada yang diketahui di sini tentang polymath dan intelektual Timur Tengah yang menghasilkan terjemahan dan komentar dan mengembangkan ide mereka sendiri.  

Misalnya, Luther Islam pada 150 tahun yang lalu. Orang sudah mulai menyerukan "Luther Islam" dan bahwa keterlibatan polymath Arab dengan Kekristenan menyebabkan beberapa dari mereka berpindah-pindah antara Kristen Timur, Protestan, dan Islam.  

Pada bagian pendahuluan buku, editor mengisinya dengan dua puluh biografi singkat dari para perintis intelektual paling penting (hampir tidak ada perempuan di sana). 

Meskipun pendahuluannya membawa kembali sampai abad ke-21, pada bagian kedua dari buku ini memperkenalkan empat teks asli oleh kritikus agama Islam.  

Pertama kalinya dalam bahasa Jerman, buku ini menyatukan dua perwakilan dari teori harmoni dan dua teori konflik. Masing-masing diperkenalkan dan dikontekstualisasikan dengan catatan pada biografi penulis, bagaimana karya itu ditulis dan efek yang dimilikinya.  

Beberapa pengamat wilayah mencoba untuk membantah perlunya terlibat dengan penulis yang diperkenalkan di sini, dengan menunjukkan bahwa terlalu sering para intelektual telah dipinggirkan, dipaksa ke pengasingan, dibunuh atau dibungkam dengan cara lain. Buku Anke von Kugelgen ini membantah argumen tersebut dengan menunjukkan beragam kontribusi pada debat selama dua abad.  

Editor telah memilih buku terlaris dan teks terkenal dari sekitar pergantian abad ke-20. Berjuang untuk kebebasan, aturan hukum dan emansipasi wanita adalah benang merah dalam filsafat Timur Tengah, tulis Anke von Kugelgen. Pandangan ini bukan produk dari angan-angannya sendiri. Ini dikuatkan oleh argumen pada halaman 310.

Tiga volume lebih lanjut dalam seri p nm baru direncanakan untuk 2017 dan 2018, di bawah naungan akademisi terkemuka saat ini. Kata Moser menyelidiki pengembangan disiplin filsafat di dunia Arab.  

Roman Seidel memperhatikan penerimaan filsafat Jerman dalam karya-karya Mohammed Shabestari. Dan Sarhan Dhouib menyusun antologi tentang tema toleransi atau intoleransi, dengan esai yang sebelumnya tidak diterjemahkan oleh lima belas intelektual Arab.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement