Rabu 01 Jul 2020 13:46 WIB

Denmark Khawatir Qatar Kelola Masjid Agung Kopenhagen

Denmark khawatir pengaruh Qatar di negaranya.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Denmark Khawatir Qatar Kelola Masjid Agung Kopenhagen. Jamaah di Masjid Agung Kopenhagen, Denmark.
Foto: Reuters
Denmark Khawatir Qatar Kelola Masjid Agung Kopenhagen. Jamaah di Masjid Agung Kopenhagen, Denmark.

REPUBLIKA.CO.ID, KOPENHAGEN -- Lingkaran politik Denmark dan komunitas imigran Muslim di Denmark kini merasa khawatir tentang Qatar mengambil kendali salah satu lembaga Islam paling penting di negara itu. Hal ini disampaikan dalam salah satu laporan media lokal.

Sebuah sumber menambahkan Qatar bisa ikut campur dalam pengelolaan Masjidil Haram di ibu kota Denmark, setelah memberikan hampir seperempat miliar dolar dalam bentuk sumbangan. Sumbangan ini membantu mereka mengubah tim yang mengelola masjid dengan membeli loyalitas.

Baca Juga

Dilansir di The Arab Weekly, Dewan direksi Masjid Agung Kopenhagen yang menyandang nama resmi Pusat Peradaban Hamad Bin Khalifa, di Jalan Rovsingsgade, di wilayah luar Norrebro di Kopenhagen, telah diganti. Qatar meraih mayoritas absolut di dewan baru, sehingga melengkapi kuasa kontrol penuh atas masjid tersebut.

Berdasarkan surat kabar Denmark yang beredar luas, Berlingske, salah satu dari lima anggota dewan baru adalah Shaheen al-Ghanem. Ia merupakan mantan direktur di Kementerian Awqaf dan Urusan Islam Qatar.

Selain itu, satu sumber Islam di Kopenhagen mengungkapkan, tiga dari mantan anggota dewan telah mengkritik cara urusan masjid dikelola. Ketiga orang ini lantas dikeluarkan dari posisinya.

Kalangan Islam di Kopenhagen mengatakan Qatar, yang telah memompa banyak uang untuk mengendalikan Masjidil Haram, mempertaruhkan dukungan langsung dari elemen-elemen yang diketahui milik asosiasi yang berafiliasi dengan Ikhwanul Muslimin. Lingkaran-lingkaran ini menunjukkan bukti, untuk memaksakan pengaruhnya terhadap komunitas Muslim di Denmark.

Qatar telah mengambil keuntungan dari koneksi pemimpin Ikhwanul Muslim yang terkenal, Yusuf al-Qaradawi, serta jaringan asosiasi Ikhwan di Skandinavia. Jaringan ini menjadi semakin kuat dengan gelombang pengungsi baru yang baru-baru ini tiba di negara-negara Skandinavia, terutama Swedia.

Organisasi yang berafiliasi dengan Doha, dipimpin oleh Qatar Charity Society, menyumbangkan tidak kurang dari 227 juta kroner Denmark (41,8 juta dolar AS) untuk dana amal mengelola masjid di Rovsingsgade. Surat kabar itu juga menunjukkan, pada saat informasi mengenai sumbangan besar yang dibuat oleh Qatar untuk masjid pada bulan Februari diungkapkan, dua anggota dewan yang terkait dengan Doha berada di Qatar dan bukan di Denmark. Ini berarti manajemen urusan masjid sedang dilakukan jarak jauh dan terkait dengan agenda Islam politik yang disponsori Doha.

Doha juga merupakan tuan rumah untuk markas besar Federasi Cendekiawan Muslim Dunia. Federasi ini didirikan oleh Qaradawi, yang merupakan pemimpin publik internasional tertinggi dari Ikhwanul Muslimin. 

"Jika Anda adalah anggota dewan direksi sebuah masjid di Denmark tetapi Anda tinggal di Qatar, maka minat yang Anda coba lindungi akan menjadi jelas, dan mereka, tentu saja, bukan kepentingan Denmark," kata juru bicara Partai Rakyat Denmark, Pia Kaersgaard, dilansir di The Arab Weekly, Rabu (1/7).

Ia lantas menyebut merasa merinding di seluruh tubuh ketika mendengar tentang sumbangan Qatar ke Masjidil Haram. Selera Doha untuk mengendalikan lembaga-lembaga Islam di Denmark tidak berhenti hanya di Masjidil Haram. Tak lama kemudian, Qatar Charity Society yang terkait dengan Ikhwanul Muslimin, menyumbangkan dana ke sekolah gratis di Aarhus.

Hal ini yang mendorong Kementerian Pendidikan Denmark dan wali kota Aarhus, Jens Henrik Thulsendale, menyampaikan pertanyaan tentang masalah tersebut kepada Menteri untuk Imigrasi dan Integrasi, Mattias Tesfaye. Tesfaye mengatakan pemerintah Denmark menganggapnya perilaku ini sangat berbahaya.

"Pasukan yang memegang visi memusuhi demokrasi, kebebasan dan kesetaraan, melalui sumbangan keuangan, mencoba untuk mendapatkan pengaruh di Denmark," ujarnya.

Menteri Tesyafe lantas menekankan pengaruh semacam itu dapat berkontribusi dalam melemahkan demokrasi, kebebasan mendasar dan hak asasi manusia. Pemerintah Denmark mengumumkan mereka akan mengusulkan rancangan undang-undang yang menetapkan cara untuk menerima sumbangan.

Surat kabar Berlingske menganggap pengaruh Qatar yang baru dan lebih kuat di masjid Rovsingsgade sebagai puncak dari perjuangan untuk mendapatkan kendali atas Dana Amal Denmark. Seorang peneliti dalam urusan agama, Lenny Cole, mengatakan kekacauan yang berkuasa di ruang pertemuan masjid tidak ada hubungannya dengan masalah agama. Semua usaha itu murni tentang Qatar yang mencoba untuk menginvestasikan uang mereka.

Meski demikian, ia merujuk pada fakta bahwa keputusan di dalam masjid diambil sesuai dengan agenda yang ditetapkan oleh Doha dan perwakilannya. Hal ini tidak sesuai dengan visi dan pilihan pemerintah Denmark.

Berbagai arus yang ditandai oleh ekstremisme dan pandangan radikal sedang bertempur di Pusat Peradaban Hamad Bin Khalifa. Misalnya, seorang imam ekstremis yang dikenal, Abu Bilal, kemasyhurannya didasarkan pada seruannya untuk memusnahkan orang-orang Yahudi. Ia telah diundang beberapa kali untuk memberikan khotbah di masjid.

Ketika informasi ini muncul pada Februari, perwakilan masjid mengatakan Abu Bilal tidak diklasifikasikan sebagai ekstremis.

Banyak lembaga amal dan keuangan Qatar, seperti Qatar Charity Society, Al-Rayyan Bank dan Qatar Bank menghadapi peningkatan penyelidikan dan pemeriksaan tentang hubungan mereka dengan pembiayaan Ikhwanul Muslimin dan gerakan militan lainnya di luar negeri.  

https://thearabweekly.com/qatar-sparks-concern-control-copenhagen-grand-mosque

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement