Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Zidane tak Termakan Perang Urat Syaraf Barcelona

Selasa 30 Jun 2020 19:54 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane.

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane.

Foto: EPA-EFE/JAVIER LIZON
Zidane dan Quique Setien jadi pusat perhatian saat La Liga kembali bergulir.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane paham tak harus meladeni perang urat syaraf dari kubu Barcelona pada saat persaingan memperebutkan gelar juara La Liga tengah sengit. Ia menanggapi dengan tenang semua kritikan atau sindiran yang mengarah kepada timnya.

Zidane dan pelatih Barcelona Quique Setien jadi pusat perhatian saat La Liga kembali dimulai. Bos Real Madrid menjalani musim yang tidak mudah dan harus menyelesaikan krisis di beberapa titik selama musim 2019/20.

Baca Juga

Masalah terakhir yang datang sebelum kompetisi dihentikan adalah kekalahan dari Manchester City di Liga Champions dan Real Betis di kompetisi lokal. Sementara Setien dinilai belum cukup meyakinkan untuk menggantikan Ernesto Valverde di Camp Nou.

Saat Los Blancos dan Barcelona kembali beraksi awal bulan Juni, mereka saling salip memperebutkan puncak klasemen. Zidane, sejauh ini masih cukup superior dengan memenangkan lima pertandingan terakhir. Sementara itu, Barcelona di bawah Setien kehilangan poin di Sevilla dan Celta Vigo, sehingga tertinggal dua poin dari Madrid di puncak klasemen. 

"Tapi saya juga tidak yakin Real Madrid akan memenangkan semua pertandingan," kata Setien, dikutip dari Marca, Selasa (30/6).

Zidane menolak untuk terpancing dengan provokasi Setien. Ia menyatakan hanya fokus memperhatikan timnya. Apalagi, saat ini timnya juga kesulitan untuk menang lawan tim-tim papan bawah.

"Saya tidak ingin bilang apa-apa kami (akan) memenangkan La Liga, ini akan ditentukan pada hari terakhir. Anda tidak akan pernah tahu," ujar Zidane usai menang lawan Espanyol, Senin (29/6) dini hari WIB.

Ia menegaskan, tak mudah bagi Madrid memetik hasil maksimal, meskipun bermain melawan tim papan bawah. Menurut Zidane, semua tidak pernah tahu kejutan yang bisa terjadi di La Liga.

Sebelumnya, Madrid disindir karena menang dengan kputusan kontroversial. "Ada hal-hal yang tidak dapat kami kendalikan," kata Setien. Sementara bek Barcelona Gerard Pique menyebut semua orang melihat apa yang terjadi atas perlakuan wasit yang menguntungkan Madrid, terutama saat melawan real Sociedad.

Zidane dengan cerdik tak mau hanyut dalam provokasi. "Para pemain saya cerdas dan yang terpenting adalah memikirkan sepak bola," kata Zidane. 

Sejauh ini, Zidane masih unggul dari Setien dalam soal menangani ruang ganti. Zidane kerap dilaporkan punya ketegangan hubungan dengan Gareth Bale dan James Rodriguez, namun sejauh ini masih mampu menangani dengan baik. Sementara Setien dilaporkan telah membuat para pemainnya kecewa dengan taktik dan keputusannya di pinggir lapangan yang berimbas kepada hasil buruk Barcelona.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA