Selasa 30 Jun 2020 16:46 WIB

Pasien Pertama Positif Covid-19 di Banjarnegara Meninggal

Di Banjarnegara ada 43 orang yang terkonfirmasi positif Covid 19.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih
Dokter patologi klinik memeriksa sampel media pembawa virus Corona. (Ilustrasi)
Foto: Antara/Umarul Faruq
Dokter patologi klinik memeriksa sampel media pembawa virus Corona. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARNEGARA -- Seorang pasien terkonfirmasi positif Covid 19 di Kabupaten Banjarnegara, dilaporkan meninggal, Senin (29/6). Pasien positif yang meninggal diketahui atas nama Tn (39), warga Kecamatan Wanadadi. 

''Pasien meninggal di rumah sakit dan sudah dimakamkan dengan menerapkan protokol penanganan jenazah Covid 19,'' kata Bupati Budhi Sarwono, Selasa (30/6).

Baca Juga

Bupati mengakui, kasus tersebut memang menjadi kasus pertama pasien terkonfirmasi positif di Banjarnegara yang meninggal. Namun dia juga menyebutkan, jumlah pasien yang saat ini masih dirawat sebenarnya sudah tinggal sedikit.  

''Secara akumulatif,  di Banjarnegara ada 43 orang yang terkonfirmasi positif Covid 19. Namun dari jumlah itu, 41 orang sudah sembuh. Di luar yang meninggal, tinggal 1 orang yang saat ini masih menjalani perawatan,'' katanya.

Meski demikian, dia menyebutkan, saat ini ada sebanyak 22 orang yang dari hasil rapid test menunjukkan hasil reaktif. Tes massal tersebut, dilaksanakan pada Senin (30/6). Rapid test dilakukan di sejumlah tempat, mulai pasar, perkantoran, tempat pelayanan masyarakat dan tenaga medis.

Terhadap mereka menunjukkan hasil reaktif, Bupati menyatakan, sudah ditindak lanjuti dengan mengambil sampel swab. ''Kita masih menunggu hasil pemeriksaan laboratoriumnya,'' katanya.  

Terkait hal ini, dia meminta warga Banjarnegara tetap waspada dan disiplin melaksanakan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan. 

Sementara di Kabupaten Cilacap, Bupati Tatto Suwarto Pamuji menyatakan, kasus Covid 19 di wilayahnya sudah mulai landai. Bahkan sejak Sabtu (27/6) hingga Selasa (30/6), jumlah pasien terkonfirmasi positif yang dinyatakan sembuh, bertambah hingga enam orang.

''Enam pasien yang dinyatakan sembuh terdiri dari tiga pasien asal Kecamatan Majenang, satu pasien warga Kecamatan Cimanggu, satu pasien warga Kecamatan Patimuan dan satu pasien warga Kecamatan Cilacap Tengah,'' jelasnya.

Meski demikian dia menyebutkan, hingga Selasa (30/6), masih ada 6 pasien terkonfirmasi positif yang menjalani perawatan. Di luar pasien yang sudah terkonfirmasi positif, juga ada 9 orang berstatus PDP yang juga menjalani perawatan.    

Secara keseluruhan, jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cilacap tercatat sebanyak 60 orang. Dari jumlah itu, 53 orang sudah dinyatakan sembuh, dan seorang meninggal dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement