Selasa 30 Jun 2020 12:29 WIB

Jokowi akan Tegur Menteri Jika Realisasi Anggaran Rendah

Jokowi terus memantau realisasi belanja anggaran yang dikeluarkan oleh kementerian

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani
Presiden Jokowi saat menyampaikan pidato di Sidang Paripurna Kabinet.
Foto: istimewa/tangkapan layar
Presiden Jokowi saat menyampaikan pidato di Sidang Paripurna Kabinet.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku telah memerintahkan jajaran menteri dan kepala lembaga agar segera mengeluarkan anggaran belanja untuk penanganan covid-19 dan dampaknya. Ia menyebut terus memantau realisasi belanja anggaran yang dikeluarkan oleh kementerian atau lembaga.

Jika realisasi belanja kementerian/lembaga masih rendah, Jokowi mengaku akan langsung menegur menteri atau kepala lembaga yang bersangkutan. Hal ini disampaikan Jokowi saat memberikan pengarahan melalui video conference untuk penanganan covid-19 terintegrasi di Provinsi Jawa Tengah, Selasa (30/6).

“Saya pantau setiap hari. Saya sekarang tahu setiap hari kementerian ini sudah keluar berapa persen, lembaga ini sudah keluar berapa persen. Kalau masih rendah, saya telepon langsung saya tegur, langsung menterinya atau kepala lembaganya,” tegas Jokowi.

Ia mengatakan, anggaran belanja harus segera dikeluarkan baik oleh kementerian atau lembaga. Sehingga peredaran uang di masyarakat juga semakin besar.

 

“Harus terus belanja-belanja itu kita dorong agar peredaran uang yang ada di masyarakat semakin banyak,” ucapnya.

Seperti diketahui, saat sidang kabinet paripurna lalu, Presiden tampak kesal terhadap kinerja para menterinya khususnya di bidang kesehatan. Sebab, anggaran kesehatan sebesar Rp75 triliun yang telah disiapkan untuk penanganan covid-19 baru terserap 1,53 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement