Selasa 30 Jun 2020 11:52 WIB

Astronaut Jatuhkan Cermin Saat Spacewalk

Cermin yang jatuh saat spacewalk akan menjadi sampah ruang angkasa.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Astronaut di ruang angkasa.
Foto: space
Astronaut di ruang angkasa.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Menjatuhkan cermin di Bumi adalah hal kecil, mungkin dianggap sebagai firasat akan terjadi sesuatu yang buruk. Namun, menjatuhkan cermin saat berada di luar angkasa berarti menciptakan bagian baru sampah ruang angkasa yang berpotensi berbahaya.

Sebuah cermin kecil terlepas dari pakaian luar angkasa Komandan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) Chris Cassidy pada awal perjalanan ruang angkasa pada Jumat (26/6) lalu.

Baca Juga

Cermin itu melayang tepat setelah Cassidy muncul dari ISS dalam kegelapan orbital untuk memulai spacewalk enam jam untuk meningkatkan sistem daya di bagian luar stasiun.

Dilansir di Universe Today, Selasa (30/6) dijelaskan, astronaut pesawat ruang angkasa memiliki cermin di setiap lengan untuk mendapatkan pandangan yang lebih baik saat bekerja. Sebab, helm pakaian luar angkasa membatasi bidang pandang. Cermin ini hanya berukuran 7-kali-12 sentimeter, dan memiliki massa hampir 50 gram.

Cassidy memeriksa lengan baju antariksanya kemudian di bawah sinar matahari tetapi tidak melihat petunjuk yang mungkin menjelaskan mengapa cermin itu lepas. NASA kemudian mengatakan bahwa barang yang hilang itu tidak menimbulkan risiko baik untuk angkasa atau ISS.

NASA mencantumkan lebih dari 20 ribu keping puing yang lebih besar dari bola lunak yang mengorbit Bumi. Ada 500 ribu keping puing seukuran kelereng atau lebih besar dan ada jutaan keping puing yang sangat kecil sehingga tidak bisa dilacak.

Semua bagian ini, apakah satelit yang utuh atau bagian dari satelit atau roket bergerak dengan kecepatan hingga 17.500 mph. Ini cukup cepat bahkan untuk potongan puing orbital yang relatif kecil untuk merusak satelit atau pesawat ruang angkasa.

Bahkan, flek cat kecil dapat merusak pesawat ruang angkasa saat bepergian dengan kecepatan ini. Sejumlah jendela pesawat ulang-alik perlu diganti karena kerusakan yang disebabkan oleh bahan yang dianalisis dan terbukti adalah flek cat.

"Risiko terbesar terhadap misi luar angkasa berasal dari puing-puing yang tidak dapat dilacak," kata Nicholas Johnson, kepala ilmuwan NASA untuk puing-puing orbital.

Sampah ruang angkasa terus menjadi masalah tanpa solusi yang pasti. Ada desain untuk jaring ruang, tombak atau vakuum untuk mengumpulkan puing-puing kecil. Tetapi beberapa orang mengatakan cara paling efektif untuk menyelesaikan masalah sampah antariksa adalah perjanjian internasional untuk membebani operator untuk membayar biaya penggunaan orbital untuk setiap satelit yang dimasukkan ke dalam orbit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement