Senin 29 Jun 2020 13:14 WIB

Kurangi Utang, SoftBank Beli Kembali Obligasi Korporasi

Softbank sedang melakukan program monetisasi aset.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Nidia Zuraya
Bank investasi asal Jepang, Softbank.
Bank investasi asal Jepang, Softbank.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Perusahaan telekomunikasi dan media asal Jepang, SoftBank Group Corp, akan membeli kembali obligasi korporasi domestik tanpa jaminan miliknya senilai 1,9 miliar dolar AS. Dilansir Reuters, Senin (29/6), Pembelian akan dilakukan secara bertahap mulai dari 30 Juni hingga 17 Juli mendatang.

Kepala Eksekutif SoftBank Masayoshi Son sedang melakukan program monetisasi aset untuk mengumpulkan dana sebesar 41 miliar dolar AS. Dana tersebut akan digunakan untuk membeli kembali saham (buyback) dan mengurangi utang.

Baca Juga

Sejumlah langkah tersebut ditempuh karena investasi teknologi yang dilakukan perusahaan memburuk. Hal itu pun membuat perusahaan mengalami kerugian yang sangat besar.

Konglomerat teknologi itu juga memperkirakan akan mencatat kenaikan pendapatan sekitar 5,6 miliar dolar AS pada kuartal II 2020 atas penjualan sebagian sahamnya di T-Mobile US. Pendapatan juga berasal dari revaluasi saham yang masih berlaku.

Neraca saldo yang dimiliki oleh SofBank sebagian besar memenuhi pasar obligasi Jepang. Penyerapan obligasi korporasi milil SoftBank didukung oleh investor ritel yang loyal.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement