Saturday, 9 Zulqaidah 1442 / 19 June 2021

Saturday, 9 Zulqaidah 1442 / 19 June 2021

Kalahkan Roma, Milan Menatap Eropa

Senin 29 Jun 2020 01:17 WIB

Red: Karta Raharja Ucu

Liga Italia AC Milan vs AS Roma

Liga Italia AC Milan vs AS Roma

Foto: republika
Milan menang 2-0 melawan Roma di San Siro.

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- AC Milan meneruskan tren kemenangannya di lanjutan Liga Italia Serie-A saat menjamu AS Roma di San Siro, Ahad (28/6) malam. Tampil agresif dan mendominasi pertandingan, Milan mampu menjinakkan Serigala Ibu Kota dan menang 2-0.

Pada 15 menit awal pertandingan berjalan seimbang. Lewat ujung tombak Edin Dzeko, Roma memberikan ancaman lebih dulu ke gawang Milan yang dilawal Gianluogi Donnarumma. Beruntung sundulan Dzeko masih melebar. 

Dua menit berselang, gawang Milan kembali terancam lewat sundulan Leonardo Spinazzola. Namun Donnarumma berhasil memetik bola di udara, sehingga mantan bek Juventus itu gagal mencetak gol.

Rossoneri baru bangkit dari tekanan selepas menit ke-15. Gelandang Giacomo Bonaventura membuka peluang di menit ke-26, sayang tembakannya belom menemui sasaran.

Bermain dengan tiga gelandang serang, Bonaventura, Samu Castillejo, dan Hakan Calhanoglu Milan mulai mendominasi lapangan tengah. Calhanoglu bahkan nyaris membuka skor andai tembakannya dari jarak dekat tidak melebar dari gawang Roma.

Babak pertama pun berakhir tanpa gol.

Begitu peluit babak kedua ditiup, Milan bermain lebih agresif. Pasukan Stefano Pioli itu mengambil alih permainan dan terus melancarkan serangan. Namun, Milan baru mampu merobek jala Roma pada menit ke-76 lewat kaki Ante Rebic. Bermain  sebagai striker tinggal, Rebic sukses menjaringkan bola setelah menyambar bola muntah dari tembakan gelandang "pengangkut air", Franck Kessie. 

Kiper Roma, Antonio Mirante sebenarnya mampu menepis bola tendangan Rebic. Sialnya, bola memantul tiang gawang dan Rebic kembali menendang bola ke gawang. Skor 1-0 untuk Milan.

Tertinggal satu gol ternyata membuat Roma tidak tersengat. Tentara Paulo Foncesa itu malah tak bisa keluar dari kepungan Milan.

Edin Dzeko yang ditopang dua gelandang muda, Justin Kluivert dan Lorenzo Pellegrini, serta ditopang playmaker sarat pengalaman, Henrikh Mkhitaryan, tak mampu berbuat banyak. Lini depan Roma mati kutu.

Milan yang terus menyerang, justru mendapatkan kado penalti pada menit ke-88 setelah wingbek Theo Hernandez dilanggar Chris Smalling. Calhanoglu sukses menceploskan bola dari titik putih, sekaligus menutup laga dengan kemenangan 2-0. Tambahan tiga poin itu membuat posisi Milan naik di klasemen sementara ke peringkat 7 dengan 42 poin dari 28 laga.

Sementara Roma yang pulang dengan tangan hampa tertahan di tangga kelima dengan 48 poin dari 28 laga. Kemenangan Milan ini membuka peluang Milan meraih tiket kompetisi Eropa.

Susunan Pemain:

AC Milan: G Donnarumma; Conti, Kjaer, Romagnoli, Theo Hernandez; Kessie, Bennacer; Castillejo (Saelemaekers 54), Calhanoglu, Bonaventura (Paqueta 54); Rebic (Leao 78).

AS Roma: Mirante; Zappacosta, Smalling, Mancini, Spinazzola; Veretout, Cristante (Diawara 81); Kluivert (Perez 58), Pellegrini (Pastore 81), Mkhitaryan (Perotti 70); Dzeko (Kalinic 70).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA