Wednesday, 6 Zulqaidah 1442 / 16 June 2021

Wednesday, 6 Zulqaidah 1442 / 16 June 2021

Madu, Kurma, dan Habbatussauda untuk Kekebalan Tubuh

Senin 29 Jun 2020 02:53 WIB

Rep: Dessy Susilawati/ Red: Muhammad Hafil

Madu, Kurma, dan Habbatussauda untuk Kekebalan Tubuh. Foto: Warga saat akan membeli kurma yang dijual di kawasan Tanah Abang, Jakarta, Ahad (3/5).

Madu, Kurma, dan Habbatussauda untuk Kekebalan Tubuh. Foto: Warga saat akan membeli kurma yang dijual di kawasan Tanah Abang, Jakarta, Ahad (3/5).

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Masyarakat perlu mengonsumsi madu, kurma, dan habbatussauda untuk imun tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Sport Nutritionist & Disease Prevention, Emilia Achmadi, MS., RDN., mengemukakan daya tahan tubuh yang prima sangat penting untuk perlindungan tubuh dari serangan penyakit infeksi. Semakin baik daya tahan tubuh seseorang, maka semakin kuat tubuhnya dalam melawan berbagai penyakit infeksi.

Seseorang dengan sistem pertahanan tubuh yang prima, memiliki respon imun yang baik di mana tubuhnya dapat segera memproduksi antibodi ketika antigen terdeteksi. "Oleh karenanya, masyarakat diimbau untuk mengonsumsi nutrisi yang sehat dan seimbang, serta menjalani pola hidup sehat agar imunitas tetap terjaga, terlebih lagi saat ini di mana ancaman paparan COVID-19 sedang tinggi," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id belum lama ini.

Emilia memaparkan konsumsi korma, habbatussauda dan madu sangat dianjurkan karena terbukti dapat membantu memperkuat sistem imun tubuh. Kurma atau phoenix dactylifera mengandung sumber nutrisi penting seperti Vitamin C, B1, B2, A, Niasin, Kalsium, Magnesium dan Zinc.

Menurut National Institute of Healthy (NCBI), kurma juga memiliki antioksidan yang tinggi. Adapun, habbatussauda (jintan hitam) atau nigella sativa dikenal dengan julukannya ‘penyembuh segala penyakit’.

Habbatussauda termasuk dalam kelompok imunostimula fitogenik yang membantu membentuk dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta berfungsi sebagai anti-bakteri, anti-inflamasi atau anti-infeksi dan antioksidan. Sedangkan madu berkualitas atau mel depuratum merupakan sumber gizi yang bermanfaat meningkatkan imunitas dan mempercepat proses pemulihan.

Kombinasi kurma, habbatussauda (jinten hitam) dan madu ini bekerja secara alami dalam tubuh dan efektif meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menambah nutrisi secara alami.

Chief Executive Officer Deltomed Laboratories, Mulyo Rahardjo, mengatakan agar tidak mudah terserang virus dan bakteri penyebab penyakit, masyarakat perlu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengonsumsi nutrisi sehat dan seimbang. Konsumsi herbal secara rutin dan teratur terbukti dapat meningkatkan imunitas yang sangat penting untuk perlindungan tubuh, terutama di masa pandemi COVID-19 ini.

Maka dari itu mengonsumsi sumber makanan tersebut setiap hari, apalagi di masa pandemi ini sangat baik untuk menjaga kesehatan. Hal ini sudah dibuktikan dengan hasil penelitian dari Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada, yang mengungkapkan bahwa kandungan korma, habbatussauda (jinten hitam), dan madu terbukti sebagai phytonutrient (penambah nutrisi alami), yang efektif meningkatkan daya tahan tubuh atau disebut sebagai immunostimulant, dan sangat berguna dalam keadaan khusus seperti puasa, ibadah haji, ibadah umroh, dan masa pemulihan dari sakit.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA