Wednesday, 2 Rabiul Awwal 1444 / 28 September 2022

Warga Sambut Baik Pelaksanaan CFD di 32 Lokasi

Ahad 28 Jun 2020 16:38 WIB

Red: Nora Azizah

Warga berolahraga saat Hari Bebas Kedaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di Jalan Gajah Mada, Jakarta, Ahad (28/6). Pemprov DKI Jakarta menggelar HBKB di 32 lokasi baru untuk menggantikan HBKB yang ditiadakan di jalan Sudirman-Thamrin dengan alasan menghindari terjadinya krumunan warga untuk mencegah penyebaran Covid-19.Prayogi/Republika

Warga berolahraga saat Hari Bebas Kedaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di Jalan Gajah Mada, Jakarta, Ahad (28/6). Pemprov DKI Jakarta menggelar HBKB di 32 lokasi baru untuk menggantikan HBKB yang ditiadakan di jalan Sudirman-Thamrin dengan alasan menghindari terjadinya krumunan warga untuk mencegah penyebaran Covid-19.Prayogi/Republika

Foto: Republika/Prayogi
DKI Jakarta sebar pelaksanaan CFD di 32 lokasi di lima wilayah Kota Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah warga di Ibu Kota menyambut baik pelaksanaan hari bebas kendaraan bermotor (car free day/CFD) yang tersebar di 32 lokasi di lima wilayah kota administrasi DKI Jakarta. Warga bisa melaksanakan kegiatan olahraga pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi di 32 lokasi tersebut.

"Bagus juga pemerintah menyebar lokasi CFD di 32 lokasi itu, jadi warga tidak berkerumun di satu lokasi CFD, bisa pilih yang terdekat," kata warga Tebet, Dian (46), yang bersepeda bersama suami dan anaknya, di lokasi CFD Jalan Layang Non Tol (JLNT) Antasari, Jakarta Selatan, Ahad (28/6)

Baca Juga

Sejumlah warga lain tampak antusias berolahraga seperti bersepeda, joging hingga jalan santai. Menurut warga lainnya, kegiatan CFD di 32 lokasi mengakomodir keinginan warga untuk berolahraga dekat dari rumahnya.

"Jadi tidak berdesak-desakan juga, tidak terlalu ramai menumpuk di satu lokasi," kata Febry (33), warga Cilincing.

Selain itu, warga juga merasa nyaman beraktivitas olahraga seperti bersepeda dan joging. Di sejumlah titik tersebut juga terdapat petugas yang mengawasi.

"Tadi kita lihat petugas perhubungan, Satpol PP ada di setiap lokasi, jadi bagus lebih aman saja," kata Iskandar Syah (47), warga lainnya.

Petugas berberapa kali mengingatkan warga yang berolahraga untuk memperhatikan jaga jarak fisik, serta wajib menggunakan masker. Selain itu, petugas juga cukup ketat membatasi warga gerak warga yang bersepeda menuju JLNT Antasari menjelang berakhirnyaCFD. Sekitar pukul 08.45 WIB, petugas dari Sudin Perhubungan menghalau pesepeda yang hendak naik JLNT Antasari.

"Sudah mau berakhir jam CFD-nya, apalagi kita mau penyisiran pembukaan jalur, jadi warga yang mau bersepeda ke atas, kita arahkan ke jalur lain," kata Michael, petugas Sudin Perhubungan Jakarta Selatan.

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan telah menyiapkan lima lokasi untuk kegiatan olahraga pada Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau CFD yang tersebar di lima kecamatan. Kelima lokasi tersebut, yakni Jalan Layang Non Tol (JLNT) Antasari di Kecamatan Kebayoran Baru, sejauh 3,7 kilo meter (KM).

Selanjutnya, Jalan Sultan Iskandar Muda (start Simpang Jl. KH. Moh Safei Hadzami sampai dengan finis simpang Jl. Cendrawasih) di Kecamatan Kebayoran Lama, memiliki panjang 1,1 km. Berikutnya, Jalan Tebet Barat Dalam Raya (start dari Kantor Kecamatan Tebet sampai dengan finis di pertigaan Pasar Tebet) di Kecamatan Tebet, sepanjang 1 km.

Lokasi keempat Jalan Kesehatan Raya, Kelurahan Bintaro, Kecamatan Pesanggrahan, sepanjang 1 km. Kemudian Jalan Cipete Raya, di Kecamatan Cilandak, sepanjang 1,1 km.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA